Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Museum Affandi Yogyakarta-Mengenal Lebih Jauh Seniman Ternama di Dunia Asal Indonesia “Affandi”

Museum Affandi Yogyakarta-Mengenal Lebih Jauh Seniman Ternama di Dunia Asal Indonesia “Affandi”

Museum Affandi Yogyakarta-Mengenal Lebih Jauh Seniman Ternama di Dunia Asal Indonesia “Affandi”

Affandi merupakan seniman lukis yang ternama di dunia asal Indonesia. Hasil karya Affandi Koesoema banyak diminati masyarakat. Ciri khas dan keunikannya menjadikan lukisan Affandi cepat laku di pasaran. Affandi sering menggunakan teknik lukis ngasal dengan jari jemarinya yang menari di atas kanvas. Affandi rajin memasarkan hasil karyanya. Sehingga,  dalam waktu beberapa tahun Affandi mampu mengumpulkan uang untuk membangun Museum Affandi. Museum tempat penyimpanan hasil karya lukisan Affandi.

Museum Affandi berada di Yogyakarta, tepatnya Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta. Museum Affandi menyimpan berbagai macam hasil karya lukisan Affandi dan seniman lain. Ada sekitar 300 hasil karya lukisan Affandi. Dan beberapa dari rekan seniman lain seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Burli, Muchtar Apin. Selain lukisan juga terdapat patung hasil karya Amrus Natalsya dan cukil kayu poles hasil karya keluarga Tjokot.

 






 

Museum Affandi berdiri di atas tanah seluas 3.500 meter persegi. Terdiri dari 2 lantai dengan 4 galeri di dalamnya. Ada loket tiket, cafe, art shop, studio, rumah kediaman keluarga Affandi. Museum Affandi arsitektur bangunannya dirancang sendiri oleh Affandi. Awalnya Museum Affandi hanya mempunyai 1 galeri saja untuk menampung semua karyanya. Pada tahun 1962 Museum Affandi mulai dibangun dan kemudian diremikan pada tahun 1974. Museum Affandi berbagi fungsi sebagai tempat tinggal sekaligus sebagai galeri pameran.

Seiring berjalannya waktu, Museum Affandi dinilai memberikan banyak pengetahuan dan inspirasi bagi masyarakat. Kemudian muncul banyak lembaga yang memberikan sumbangsih kepada Affandi untuk mengapresiasi karyanya dengan menambah 3 galeri sehingga, jumlah galeri Museum Affandi menjadi 4 galeri.




Museum Affandi

Galeri pertama galeri asli Affandi dibuat dari hasil penjualan karya lukisnya. Pada galeri ini terdapat loket tiket dan pusat informasi. Kemudian, bernajak ke tempat lain kita akan menemukan berbagai lukisan Affandi sejak pertama hingga terakhir beliau memulai karirnya. Terdapat lukisan sketsa, lukisan cat, lukisan pastel dan lukisan minyak. Bukan hanya lukisan saja, di galeri I ini juga terdapat berbagai barang pribadi Affandi yang masih tersimpan seperti mobil sedan, sepeda, kliping berita koran, ember, sandal jepit, kain sarung, celana yang penuh cat, kuas, cat, foto-foto Affandi bersama keluarga dan rekannya dan lemari tempat memajang penghargaan Affandi. Masih di kawsan galeri I, di bagian luar ruangan terdapat makan Affandi dan istrinya, Maryati.

Galeri kedua, bantuan dari Pemerintah Indonesia melalui Presiden Soeharto kala itu pada tahun 1987. Pada galeri ini terdapat berbagai macam hasil karya pelukis lain seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Fajar Sidik, Sudjojono, Hendra Gunawan, Burli, Muchtar Apin, dan masih banyak lagi. Lukisan dikelompokkan berdasarkan corak abstrak dan corak realis. Awalnya galeri ini merupakan tempat pameran dimana Affandi memamerkan lukisannya untuk dijual namun, kini lukisan Affandi sudah tidak diperjualbelikan sehingga, tempatnya dialihfungsikan sebagai galeri. Beberapa lukisan tersebut diperjualbelikan dengan harga yang fantastis, satu lukisan bisa mencapai milyaran.




Galeri ketiga, bantuan dari Yayasan Affandi pada tahun 1999. Pada galeri ini terdapat berbagai macam hasil karya keluarga Affandi yaitu hasil karya lukis putri Affandi yang bernama Kartika Affandi, hasil karya lukis Maryati (istri Affandi), dan hasil karya lukis Rubiyem (istri kedua Affandi). Selain sebagai galeri pameran, di sisi lain galeri III juga dijadikan sebagai tempat perawatan lukisan.

Dan galeri keempat dibangun pada tahun 2002 untuk memamerkan hasil karya keluarga Affandi seperti cucu Affandi yang bernama Didit. Selain itu galeri ini juga dijadikan sebagai studio lukis bagi yang ingin belajar melukis dengan pelukis ternama.

Setiap harinya Museum Affandi tidak pernah sepi pengunjung, tidak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan asing pun berdatangan untuk melihat hasil karya yang sempat mendunia. Tidak hanya melihat lukisan, kita juga bisa belajar melukis, melihat demo lukis Kartika Affandi, berbelanja di art shop dan bersantai di cafe uniknya.

Meskipun hasil karya lukisnya terkenal di berbagai penjuru dunia namun, Affandi tetap hidup dalam kesederhanaan dan dekat dengan alam. Beliau memilih tinggal di bantaran sungai Gajah Wong yang asri, penuh pepohonan yang rindang, udaranya sejuk dan suasananya sanyat nyaman. Tidak ada yang menyangka terhadap gaya hidup Affandi yang luar biasa. Meski sederhana namun menyimpan kekayaan milyaran rupiah.

 

Kesuksesan Affandi tidak lepas dari 3 filosofi yang diyakininya yaitu matahari, tangan dan kaki. Matahari sebagai sumber kehidupan bagi semua makhluk yang berasal dari Allah untuk disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tangan sebagai penggerak manusia untuk selalu berkarya dan berguna bagi sesama. Kaki sebagai penapak jalan untuk terus melangkah dan mengembangkan karya.

 

HTM pada Februari 2017:

-wisatawan lokal Rp25.000,- per orang

-wisatawan asing Rp50.000,- per orang

-anak-anak Rp10.000,- per orang

-0-6 tahun tidak dikenakan HTM.

-kamera digital Rp20.000,-

-kamera ponsel Rp10.000,-

(setiap pembelian tiket akan mendapatkan kupon gratis yang bisa ditukarkan dengan softdrink maupun ice cream)

Alamat: Museum Affandi (Telp. 0274-562593)

Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

Jam Buka: 09.00-16.00 WIB (hari libur nasional tutup)

affandimuseum@yahoo.com

www.affandi.org

 

Rute:

-Dari Yogyakarta (4 km, 12 menit)>Jl. Mataram>Jl. Mas Soeharto>Jl. Krasak Timur>Jl. Kusbini>Jl. Langensari>Jl. Munggur>Jl. Laksda Adisucipto>Affandi Museum, Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat