Iklan Gratis
Home / Indonesia / Nuansa Eropa Khas Kampung Batik Laweyan Yang Menawan

Nuansa Eropa Khas Kampung Batik Laweyan Yang Menawan

Nuansa Eropa Khas Kampung Batik Laweyan Yang Menawan

Laweyan adalah salah satu sentra batik yang ada di Solo. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Kampung Batik Laweyan. Kampung ini mempunyai ciri khas yang unik, kawasannya dipenuhi dengan bangunan-bangunan bergaya Eropa. Konon, kampung ini merupakan bekas tempat tinggal para saudagar.

Kampung Batik Laweyan menjadi destinasi wisata yang digemari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kampung Laweyan menjadi pusat kerajinan batik sejak tahun 1546. Kampung Batik Laweyan berdiri di atas tanah seluas 24 hektare. Di dalam kampungnya yang damai terdapat ratusan pengrajin batik dengan motif yang beraneka ragam dan dengan corak watna yang terang. Harga dari batik yang dijual tergantung pada jenis motif yang dipilih. Seperti motif Tirto Tejo maupun motif Truntum.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di kampung cantik ini. Menyusuri pedagang batik yang menjajakan dagangannya dengan berbagai ciri khas. Batik cap hingga batik tulis tersedia dalam berbagai varian. Harga setiap helai kain batik berkisar dari puluhan ribu untuk batik cap dan jutaan rupiah untuk batik tulis. Adapun alasan dari perbedaan harga yang mencolok antara batik cap dan batik tulis yaitu batik tulis lebih mahal karena merupakan hasil handmade, melalui proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba belajar membuat batik dan hasilnya bisa Anda bawa pulang. Keramahan masyarakat akan mengajari Anda membatik sampai bisa. Dan jika Anda berminat mendalami batik cap dan batik tulis, Anda bisa menghubungi pakarnya melalui Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan.

Ciri khas dari kampung cantik ini adalah bangunan yang masih menggunakan pagar tinggi menyerupai benteng. Arsitektur bangunan Eropa yang berdiri kokoh membentuk gang-gang kecil. Menyusuri kampung batik ini Anda akan menemukan banyak ornamen batik terpajang rapi di dinding. Lalu, Anda bisa singgah untuk melihat proses pembuatan batik tulis maupun batik cap. Sebagai kampung batik tentunya masyarakat dominan dengan kerajinan batik. Dari pembatik hingga juragan batik bisa Anda temui di Laweyan. Anda bisa belajar banyak dari kampung batik mengenai kerajinan batik yang mungkin tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

 

 

Alamat Kampung Batik Laweyan:

Jl. Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148 Indonesia

 

 

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*