Home / Indonesia / Pantai 3 Warna Malang-Bawa Sampahmu Atau Bayar Sampahmu

Pantai 3 Warna Malang-Bawa Sampahmu Atau Bayar Sampahmu

pantai-3-warna-malang-by-innokribow

Pantai 3 Warna, Malang merupakan satu-satunya pantai yang benar-benar bebas sampah. Pantai ini sangat bersih lantaran ketatnya penjagaan pihak pengelola. Setiap wisatawan yang hendak memasuki kawasan pantai akan diperiksa dan didata, barang bawaannya terutama yang menimbulkan sampah. Kembali dari pantai barang bawaan kita akan diperiksa kembali, termasuk sampah sisa makanan. Jika ada sampai ada sampah yang tertinggal kita akan dikenakan denda sebesar Rp100.000,- per sampah. Selain itu, wisatawan yang masuk ke dalam kawasan juga dibatasi dan harus didampingi oleh pemandu wisata.

Nama 3 Warna diambil dari gambaran air lautnya yang mempunyai 3 macam warna berdasarkan kedalaman masing-masing. Ada warna biru dengan kedalaman yang paling dalam, warna hijau dengan kedalaman sedang dan warna bening menandakan tidak dalam. Pantai yang juga dikelilingi batu karang ini merupakan pantai yang masih terjaga kebersihannya. Wisatawan yang masuk pun dibatasi jumlahnya. Selain mempunyai panorama indah di pantainya, objek wisata ini juga mempunyai terumbu karang yang tak kalah indahnya. Dan yang paling menarik disini, kita tidak perlu menyelam jauh ke tengah laut untuk melihat terumbu karang.

pantai-3-warna-malang-by-rulayyy

Panorama yang indah, suasana sejuk serta kawasannya yang bebas sampah akan membuat siapa saja enggan meninggalkan pantai ini. Namun, waktu untuk menikmati surga keindahan yang tersembunyi di Malang bagian Selatan ini kita hanya diberi sekitar 2 jam untuk kemudian bergantian dengan wisatawan yang lain. Meski hanya 2 jam di pantai namun, namun perjalanannya memakan waktu yang cukup lama sekitar 1-3 jam tergantung rute yang dilalui.

Jika barang bawaan tertinggal akan dikenakan denda sebesar Rp100.000,- per barang. Setiap wisatawan diharuskan menyewa jasa pemandu wisata/guide. Biasanya satu guide membayar Rp100.000,- dengan 10 orang per rombongan. Itu pun waktu berwisata dibatasi karena harus bergantian dengan wisatawan yang lain. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai, karena jika terlalu banyak pengunjung biasanya pantai akan cepat kotor. Setiap harinya objek wisata ini hanya menerima 600 pengunjung setiap hari, yang dibagi menjadi tiga kloter. Kloter pertama berangkat pukul 05.00-07.00. Kloter kedua pukul 10.00-12.00. Dan kloter terakhir pukul 15.00-17.00. Malam hari tidak diperbolehkan ada aktivitas apa pun di Pantai Tiga Warna. Sebelum Magrib petugas harus memastikan sudah tidak ada lagi pengunjung di pantai. Jadi, jauh sebelum berwisata kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

Foto: liputan6.com

Foto: forum.liputan6.com

Adapun perjalanan yang dapat kita tempuh dari pusat Kota Malang adalah sejauh 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Tidak perlu khawatir akan tersesat karena disepanjang jalan menuju objek wisata terdapat papan petunjuk jalan yang jelas. Kita tinggal mengikuti alurnya saja sampai bertemu dengan pintu masuk Objek Wisata Pantai 3 Warna. Dari Kota Malang>Kecamatan Bululawang>Kecamatan Turen>Kecamatan Sumber Manjing Wetan>Pantai Sendang Biru>Pantai Goa Cina>Pantai Clungup>Pantai 3 Warna.

Dari kawasan Pantai Clungup inilah perjalanan kita akan dimulai. Setelah sampai di pos pendataan kita langsung diperiksa dan akan didata juga barang-barang bawaan kita. Terutama makanan dan minuman berbungkus yang dapat menimbulkan sampah. Semua barang tersebut kemudian dicatat dan nantinya ketika sudah kembali, bungkus-bungkus makanan tersebut harus dibawa pulang kembali, jika tidak kita akan dikenakan denda. Setelah itu membayar tiket masuk dan membayar jasa guide. Setelah semua proses pendataan selesai, kita akan dikenalkan dengan guide yang akan memandu perjalanan kita menuju Pantai 3 Warna. Guide tersebut akan menawarkan 2 rute yang akan kita tempuh bersama yaitu By Pass dan Full Track.

-By Pass merupakan rute tercepat yang bisa kita tempuh dengan melalui ladang dan perkebunan yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

-Full Track yaitu rute yang penuh dengan tantangan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di lokasi. Menaiki bukit, menuruni lembah dan menyusuri pantai-pantai kecil yang tak kalah mempesona seperti Pantai Clungup, Gatra, Savana, Pantai Mini dan Pantai watu Pecah baru kemudian kita sampai di Pantai Tiga Warna.

Kita bisa memilih salah satu  rutenya. Namun, kebanyakan wisatawan memilih rute keduanya, rute Full Track ditempuh saat berangkat dan rute By Pass ditempuh saat pulang dikarenakan kondisi badan yang sudah lelah. Dengan memilih kedua rute tersebut kita akan bisa menikmati 2 macam perjalanan yang berbeda dengan kesan yang juga berbeda tentunya.

30006981021_597c5b7cfd_k

552aedbf6ea8343f488b456a

Meski penjagaan kawasan pantai ini sangat ketat namun, fasilitasnya belum begitu memadai. Masih jarang ada warung bahkan untuk keperluan penginapan kita harus menyewa hotel di sekitar pusat Kota Malang. Atau kita bisa membuka kemah di kawasan pantai dengan membayar Rp25.000,- untuk sewa tenda dan Rp25.000,- untuk sewa lahan.

 

 

Cara reservasi Pantai Tiga Warna:

-Lakukan reservasi minimal satu minggu sebelum berwisata.

-Perkirakan hari dan jam tiba di Pantai Telaga Warna.

-Perkirakan jumlah rombongan maksimal 10 orang per satu guide.

-Reservasi bisa melaui sms/telfon 081233339889

 

HTM (saat tanggal 27 Maret 2017):

Rp10.000,- per orang

Guide: Rp100.000,- (1 rombongan maks. 10 orang)

Camping: Rp 50.000,- (sewa tenda & sewa lahan)

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat