Home / Indonesia / Pantai Bajul Mati Malang-Keindahan Teluk Karang yang Membentang di Lautan

Pantai Bajul Mati Malang-Keindahan Teluk Karang yang Membentang di Lautan

Malang, siapa pun pasti sudah tidak asing lagi dengan kota wisata yang ada di Jawa Timur ini. Pemandangan alam dan suasana menyejukkan juga beragam objek wisata selalu mampu menarik banyak wisatawan. Salah satu objek wisata yang paling menarik adalah wisata pantai. Banyak pantai-pantai cantik yang menyajikan pesona dan panorama yang berbeda. Seperti Pantai Bajul Mati yang menyajikan panorama teluk karang yang indah saat diterpa ombak.

Pantai Bajul Mati terletak di sebelah selatan pesisir Pulau Jawa. Tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Sejauh 58 km dari pusat Kota Malang atau selama 3 jam perjalanan. Akses jalannya sudah baik, rata-rata sudah beraspal namun, masih jarang kendaraan umum yang melintas mungkin karena lokasinya yang berada di pelosok. Sehingga, untuk sampai di Pantai Bajul Mati kita harus menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa tour dan ojek.

Pantai bajul Mati ditemukan pada tahun 1890 silam. Saat itu sang penemu juga menemukan buaya yang mati di sekitar pantai. Itulah mengapa pantai cantik ini diberi nama Pantai Bajul Mati. Dalam Bahasa Jawa Bajul artinya buaya dan mati ya mati. Jadi, bisa disimpulkan bahwa bajul mati adalah buaya mati. Selain itu, ada beberapa pendapat bahwa nama Bajul Mati diambil dari adanya teluk karang yang menyerupai buaya mati. Teluk tersebut akan terlihat saat air laut sedang pasang surut.

Apapun filosofi namanya, pesona dan panorama Pantai Bajul Mati tetap menjadi incaran wisatawan. Tetap mempesona dan menawan diantara pantai-pantai jajarannya. Bentang laut yang luas membiru dengan perbukitan hijau yang semakin menambah sejuk dipandang. Hamparan pasir putih di bawah teluk karang yang besar menjadi tempat bermain yang adem. Kita juga bisa menyusuri setiap sudutnya untuk mendapatkan panorama yang berbeda.

Di sebelah timur pantai terdapat goa cantik bernama Goa Wil. Kita bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 300 meter. Goa Wil ini berupa batu karang besar yang terkikis ombak sehingga membentuk cekungan ke dalam yang menyerupai pintu masuk goa. Goa Wil berada diantara kebun kelapa yang teduh. Suasana sejuk dan nyaman pun akan kita dapatkan begitu kita sampai di Goa Wil. Berlama-lama menikmati panorama alam yang indah sembari bersantai disela goa akan memanjakan siapa saja.

Pantai Bajul Mati terdapat banyak batu karang yang curam sehingga, kita dilarang untuk berenang dan bermain terlalu jauh dari garis pantai. Selain itu, ganasnya ombak ciri khas dari ombak laut pantai selatan juga semakin memperkuat larangan tersebut. Namun, kita tidak perlu khawatir dengan larangan berenang. Kita masih bisa menikmati keindahannya dengan cara lain dan tentunya dengan sensasi yang lebih seru dan menyenangkan.

Selain itu, di perjalanan sebelum sampai Pantai Bajul Mati juga terdapat ikon jembatan unik yang kerap dijadikan spot foto apik para wisatawan. Jembatan tersebut tepat berada di ruas Jalan Batas Blitar-Batas Lumajang. Membentang di atas sungai yang alirannya menuju laut. Jembatan tersebut juga diberi nama Jembatan Bajul Mati yang dibangun pada tahun 2006.

Seiring banyaknya animo wisatawan untuk menghabiskan waktu liburnya di Pantai Bajul Mati, sarana dan prasarana juga seiring diperhatikan oleh pihak pengelola. Demi memberi kenyamanan terhadap wisatawan fasilitas yang tersediapun beranjak membaik. Ada mushola, toilet, kamar mandi air tawar, ruang ganti, area parkir yang luas, kolam renang dan waterboom. Warung-warung kecil, warung makanan dan pedagang asongan juga sudah banyak bertebaran.

Setelah puas menghabiskan waktu di Pantai Bajul Mati kita juga bisa singgah sebentar di Pantai Sendangbiru dan Pantai Goa Cina.

 

HTM pada 26 April 2017:

-Rp4.000,- per orang

-Rp3.000,- per kendaraan

 

Fasilitas: mushola, toilet, kamar mandi, area parkir, kolam renang, waterboom, warung.

 

Lokasi: Pantai Bajul Mati

Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Rute:

-Dari Malang>Turen>Sumbermanjing Wetan>Pantai Sendangbiru>Pantai Bajul Mati.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat