Iklan Gratis
Home / Indonesia / PANTAI BANDENGAN JEPARA-Menikmati Keindahan Pantai Tak Berkarang Di Pesisir Utara Pulau Jawa

PANTAI BANDENGAN JEPARA-Menikmati Keindahan Pantai Tak Berkarang Di Pesisir Utara Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang kaya akan budaya dan potensi wisata. Salah satunya adalah Jawa Tengah, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam yang masih alami, wisata sejarah yang masih lestari, dan juga berbagai wisata bermain yang mengedukasi.

Alamnya yang banyak dikelilingi pegunungan dan lautan menjadikan Jawa Tengah semakin disegani wisatawan. Untuk daerah pesisir utara Pulau Jawa misalnya, Anda bisa mengunjungi Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan

Pantai Bandengan atau yang dulunya disebut dengan Pantai Tirta Samudera merupakan salah satu pantai cantik yang berada di kawasan tanah kelahiran R.A. Kartini yaitu di Jepara. Pantai ini mempunyai kontur yang landai sehingga ramah bagi pengunjung yang ingin bermain di pantai. Tidak mempunyai gugusan batu karang yang berjajar rapi di pinggirnya seperti pantai pada umumnya. Mempunyai pasir putih yang lembut. Anda pun juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang tersaji di kawasan pantai dengan semilir angin yang menyejukkan.

Sebelum Menjadi Pantai Bandengan

Pantai Bandengan terletak di Desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah atau sekitar 7 km dari Jepara. Nama Pantai Bandengan berhubungan erat dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa. Dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang kemudian pantainya disebut dengan Pantai Bandengan.

Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan mulai tahun 1987 pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Pengelola menyediakan prasarana bagi masyarakat yang berminat membuka lapak di kawasan Pantai Bandengan. Hal ini menjadi titik terang bagi masyarakat kalangan pengangguran. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, berperahu, bermain voli pantai atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.
 
Hal yang menarik dari pantai yang sangat populer di Jepara ini yakni pepohonan yang rimbun di sekitar pantai. Membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman meski di siang hari yang terik. Anda pun tampaknya akan betah berlama-lama berada di pantai cantik yang ada di pesisir utara Pulau Jawa ini.
Begitu selesai menikmati berbagai pesona dan panorama yang ada. Anda pun bisa beristirahat di gazebo maupun di penginapan yang terjajar di kawasan pantai. Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Jepara yang tersaji di sekitar pantai. Menikmati berbagai wahana bermain dan juga berburu oleh-oleh maupun souvenir.

Jarak pantai Bandengan 7 km dari pusat kota Jepara. Jika Anda sudah di pertengahan kota Jepara, Anda jalan ke arah Timur, kemudian Anda akan melihat petunjuk di samping jalan memasuki kawasan Bandengan (Tirta Samudra), belok kiri kemudian jalan lurus hingga sampai pada tempat wisata pantai Bandengan.

 

 

 

Lokasi: Pantai Bandengan (Pantai Tirta Samudera)

Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Jam Buka: 06.00-18.00 WIB

 

HTM Rp5.000,-/orang