Home / Indonesia / Pantai Banyu Tibo Pacitan-Fenomena Air Terjun Tawar Bertemu Air Laut

Pantai Banyu Tibo Pacitan-Fenomena Air Terjun Tawar Bertemu Air Laut

Pantai Banyu Tibo Pacitan-Fenomena Air Terjun Tawar Bertemu Air Laut

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Pacitan berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Kota yang diberi julukan Seribu Goa ini tidak hanya mempunyai destinasi wisata goa saja, ada wisata alam yang mempesona seperti pegunungan, lembah, air terjun, sungai dan pantai-pantai yang cantik. Namun, destinasi wisata yang ini lain dari yang lain, Pantai Banyu Tibo. Fenomena bertemunya air tawar dengan air laut karena adanya air terjun yang bermuara langsung ke laut.

Foto: danisetiawanku.com

 

Dengan adanya fenomena tersebut, pantai yang tidak begitu luas ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Di sisi lain kita bisa melihat keindahan air terjun yang tidak begitu tinggi. Air terjun ini mengalir dari sungai yang berada di atas tebing dan bermuara langsung ke laut. Aliran tersebut mengalir sepanjang masa, tidak pernah kering meski musim kemarau. Dan di sisi lain kita juga bisa melihat keindahan hamparan laut dengan pantai cantik di pinggirnya. Kita bisa menikmati keindahan 2 objek wisata sekaligus dalam satu tempat.

 

 




 

Dinamakan Pantai Banyu Tibo karena dalam Bahasa Jawa “Banyu” berarti air dan “Tibo” berarti jatuh. Jadi, kesimpulannya mengacu pada air terjun yang alirannya jatuh ke pantai. Selain itu, panorama sunset di sore hari juga bisa kita lihat dengan jelas dari Pantai Banyu Tibo ini. Sejauh mata memandang yang tampak hanya lautan lepas sehingga, saat matahari mulai tenggelam, matahari tersebut seperti tenggelam ke dalam lautan. Panorama indah yang akan memikat siapa pun yang memandangnya.

Udara yang sejuk juga pemandangan alam yang hijau nan asri akan semakin memikat setiap wisatawan yang datang. Keindahan air terjun di antara tebing karang dan perbukitan juga laut biru yang membentang. Kita bisa turun ke pantai dan bermain di pasir putihnya yang lembut dengan menuruni tangga dari atas air terjun. Kemudian kita bisa bermain air di pantai sepuasnya. Setelah selesai kita pun juga bisa membilas badan di air terjun tersebut.

 

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo ini berada di tempat yang strategis. Satu jalur dengan pantai-pantai cantik lainnya seperti Pantai Buyutan, Pantai Klayar dan masih banyak lagi. Dari Pacitan kita hanya perlu mengarahkan tujuan ke Barat sekitar 41 km. Kita juga bisa menempuhnya dari Solo maupun Jogja. Akses jalan menuju Pantai Banyu Tibo sudah terbilang baik. Medan jalannya berupa perbukitan yang dominan dengan liku, tanjakan dan turunan. Namun, kita tidak perlu khawatir karena berbagai kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 bisa melewatinya.

 

 




 

Untuk memasuki kawasan Pantai Banyu Tibo kita hanya perlu membayar tarif masuk sebesar Rp2.000,- untuk anak-anak dan Rp3.000,- untuk dewasa, berlaku pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur, tarif masuk anak-anak Rp3.000,- dan desawa Rp5.000,-. Selain itu juga terdapat tarif tambahan yaitu tarif parkir sebesar Rp2.000,- untuk motor dan Rp5.000,- untuk mobil, berlaku pada hari biasa dan hari libur. Tarif yang diberikan sangat terjangkau mengingat keindahannya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Sebagai kawasan objek wisata, berbagai fasilitas pun juga sudah tersedia. Ada toilet, ruang ganti, kamar mandi, area parkir yang luas, gazebo, warung kecil dan warung makan. Selain itu, disekitar kawasan Pantai Banyu Tibo juga sudah terdapat berbagai penginapan untuk wisatawan yang datang dari jauh.

 

Fasilitas: toilet, kamar mandi, ruang ganti, parkir, gazebo, warung kecil, warung makan.

 

HTM pada 16 Mei 2017:

Hari Biasa: anak-anak Rp2.000,- dan dewasa Rp3.000,-

Hari Libur: anak-anak Rp3.000,- dan Rp5.000,-

Tarif Parkir: motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-

 

Lokasi: Pantai Banyu Tibo

Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

Rute:

-Dari Pacitan (37 km, 1 jam 20 menit)>Kabupaten Pacitan>Jalan Patrem>Jalan Mlati>Jalan Puk>Jl. Punung-Gondosari>Jl. Pacitan Donorojo>Jl. Punung-Goa Gong>Jl. Punung – Kalak>Jalan Kalak-Donorojo>Jl. Nampu Kalak>Pantai Banyu Tibo, Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan.

-Dari Solo (97 km, 2 jam 50 menit)>Surakarta>Jl. Gajah Suranto>Jalan Untung Suropati>Jl. K.H Hasyim Ashari>Jl. DR. Radjiman>Jalan Baki – Solo/Jl. Yos Sudarso>Jl. Ir. Soekarno>Jl. Raya Solo – Wonogiri>Jl. Wandyo Pranoto>Jl. Diponegoro>Jl. Kh Samanhudi>Jl. Dalangan-Tawangsari>Wonogiri – Klaten Road>Jl. Tawangsari-Bulu>Jl. Bulu – Manyaran>Jl. Manyaran>Jl. Pracimantoro-Wonogiri>Jl. Nasional III>Jl. Duwet – Giriwoyo/Jl. Giritontro – Giriwoyo/Jlgiriwoyo-Giritontro-Woryantoro/Jl. Raya Giritontro – Baturetno>Jl. Paranggupito>Jl. Raya Pantai Nampu>Jl. Nampu Kalak>Pantai Banyu Tibo, Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan.

-Dari Jogja (100 km, 3 jam)>Yogyakarta>Jl. Mataram>Jl. Juminahan>Jl. Bausasran>Jl. Bung Tarjo/Jl. Gayam>Jl. Kenari>Jl. Kusumanegara>Jl. Gedong Kuning>Jl. Nasional III>Jl. Kyai Legi>Jl. KRT Judodiningrat>Jl. Duwet – Giriwoyo/Jl. Giritontro – Giriwoyo/Jlgiriwoyo-Giritontro-Woryantoro/Jl. Raya Giritontro – Baturetno>Jl. Paranggupito>Jl. Raya Pantai Nampu>Jl. Nampu Kalak>Pantai Banyu Tibo, Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan.

 

Selamat Berwisata…






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat