Home / Indonesia / Pantai Batu Bengkung Malang-Menikmati Jernihnya Air Laut Yang Terjebak Cekungan Karang

Pantai Batu Bengkung Malang-Menikmati Jernihnya Air Laut Yang Terjebak Cekungan Karang

Malang, Kota kecil yang kaya akan wisata indah nan mempesona. Entah itu wisata alam, wisata kuliner maupun wisata lain yang selalu mampu menarik minat para wisatawan untuk bertandang ke kota yang dijuluki kota apel ini. Yang menjadi faktor utama keindahan dari setiap sudut wisata adalah panorama alamnya yang masih alami. Hijau pepohonan yang ada juga sejuknya suasana yang semakin memanjakan wisatawan. Tak heran jika Malang selalu ramai diserbu wisatawan terutama pada hari libur. Dari wisatawan lokal sampai wisatawan asing akan saling berbondong-bondong untuk membuktikan keindahan pesona Malang yang sudah terkenal ke berbagai penjuru.

Adapun objek wisata yang akan diulas kali ini adalah Pantai Watu Bengkung. Merupakan salah satu gugusan pantai laut selatan yang berbentuk melengkung (bengkung) diantara 2 bukit, mempunyai batu karang pemecah ombak dan cekungan seperti kolam. Pantai ini berada di pesisir Selatan Kabupaten Malang tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sekitar 65 km dari pusat Kota Malang atau sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai Batu Bengkung

Foto: wisataterbaru.com

pantai-batu-bengkung-malang-selatan-jawa-timur-indonesia

Foto:KSMTour.com

Foto: brobali.com

Foto: brobali.com

Pantai yang menghadap langsung ke arah Barat laut Samudra Hindia ini mempunyai ombak yang sangat besar dan berbahaya sehingga, dilarang untuk berenang di pantainya. Namun, jika terpaksa ingin berenang kita bisa berenang di cekungan karang yang membentuk kolam. Saat ombak besar menghantam karang pemecah ombak maka, akan tampak seperti air terjun yang memanjang di bibir pantai. Ombak besar pun akan meninggalkan air di cekungan tersebut yang bisa digunakan untuk berenang. Namun, karena hanya air terjebak maka sebentar saja kolam cekung tersebut akan surut. Jika benar-benar ingin bermain air sebaiknya datang pada waktu air laut pasang naik karena akan banyak air yang terperangkap. Selain cekungan kolam, hal lain yang diburu wisatawan adalah sunsetnya, di sore hari dengan air laut yang pasang surut bebatuan karang menjadi semakin terlihat. Hal ini akan membuat panorama sunset menjadi terlihat jauh lebih indah.

Foto: anomharya.com

Foto: anomharya.com

Puas dengan suasana pantai, kita juga bisa menikmati suasana perbukitan yang ada di sebelah Barat. Untuk bisa mencapai puncaknya, kita harus mendaki melalui jalan setapak yang ada. Medannya pun juga tak mudah, cukup menantang dan perlu kewaspadaan yang tinggi. Sesampainya di puncak bukit kita bisa melihat panorama yang luar biasa indah berupa hamparan laut lepas dengan ombak yang saling berdebur. Pepohonan, bukit kecil dan batu karang juga semakin menambah keindahannya. Siapapun akan merasa nyaman dan enggan untuk meninggalkan tempat ini. Saat menikmati panorama, kita pun juga harus selalu waspada dan hati-hati karena di atas bukit tidak terdapat pagar pembatas antara laut dan bukit Sehingga, sebisa mungkin kita harus antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain bukit kita juga bisa menikmati panorama alam yang lainnya seperti Batu Lepek, Goa Angin, Pantai Watu Lepek dan masih banyak pantai-pantai kecil yang tak kalah indah di sekitaran Pantai Batu Bengkung.

Pantai-Batu-Bengkung-feryarifian-6

Batu Lepek berupa bukit batu karang yang menyerupai lepek. Dari sini kita bisa menyaksikan birunya laut dan deburan ombak tepat berada di bawah kaki kita. Tak jarang ombak menghantam bukit batu yang cukup tinggi ini. Karena tempatnya yang rata, Bukit Batu Lepek biasa di gunakan untuk memancing.

Goa Angin berupa goa batu yang menghembuskan angin kencang, terasa dingin dan menyejukkan. Goa Angin akan kia temukan di Pantai Watu Lepek atau jalan sebelum sampai di Watu Lepek.

Setelah lelah dimanjakan dengan panorama Pantai Watu Bengkung, kita bisa beristirahat di gubuk sekitar pantai. Sebelum beristirahat kita bisa membersihkan badan dari air asin di toilet dan kamar mandi yang sudah disediakan. Kemudian kita juga bisa melanjutkan menikmati aneka hidangan laut yang dijajakan di warung makan setempat. Disini sudah banyak warung yang berdiri dari warung kecil makanan ringan sampai warung makan hidangan laut semua tersedia demi memenuhi kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Selain itu jika kita ingin bermalan di kawasan pantai cantik ini, kita bisa mendirikan tenda di kawasan pantai maupun menyewa penginapan rumah warga. Untuk berkemah tidak dikenakan biaya sewa lahan, namun untuk menginap di rumah warga kita harus membayar harga yang cukup terjangkau bagi kantong wisatawan. Pantai ini dibuka 24 jam, sehingga parkir dan warung makan pun juga buka 24 jam non-stop. Nah.. Jadi kita bisa datang kapan saja.

IMG_20150221_114505

Adapun rute yang dapat kita tempuh dari Malang yaitu melaui Jl. Kolonel Sugiono kemudian mengambil arah menuju Pantai Sendang Biru. Sebelum sampai di Pantai Sendangbiru kita akan menemukan ruas JLS, ambil Jalur Lintas Selatan menuju ke Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Dari sini perjalanan kita tinggal 2 km lagi untuk bertemu dengan jalur masuk kawasan Pantai Batu Bengkung. Beberapa menit kemudian kita akan sampai di jalur masuk, dimana di sisi jalan terdapat ikon Batu Bengkung. Dari sini kita tinggal melanjutkan perjalanan beberapa meter untuk sampai di Pantai Batu Bengkung. Tetap waspada dan hati-hati karena jalannya terjal dan berliku.

cimg6650

Selain Pantai Batu Bengkung kita juga bisa sekalian mampir ke wisata sekitar yang tidak jauh. Ada Pantai Sendangbiru, Pantai Goa Cina, Pantai, Bajulmati, Pantai Balekambang, Pantai Kondang Merak, Pantai Jolangkung dan masih banyak lagi.

 

Tips Saat Berwisata Ke Pantai Batu Bengkung:

  1. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan bahan bakar tercukupi. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi karena belum ada transportasi yang menuju Pantai Batu Bengkung.
  2. Selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.
  3. Pastikan memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman dipakai.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku.
  5. Selalu Jaga kebersihan.
  6. Bawa pakaian bersih karena besar kemungkinan pakaian yang kita kenakan akan basah.
  7. Bawa bekal makanan bila dirasa perlu.
  8. Selalu waspada dan hati-hati karena banyak tebing karang yang licin dan curam.

 

 

Fasilitas: gubuk, warung kecil, warung makan, mushola, camping gratis, penginapan, parkir, toilet dan kamar mandi.

HTM (pada tanggal 10 April 2017):

Rp5.000,- per orang

Parkir: motor Rp5.000,- dan mobil Rp10.000,- (jika bermalam dikenakan tarif 2 kali lipat)

Lokasi: Pantai Batu Bengkung

Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Jam Buka: 24 jam non-stop

Rute: Dari Malang, Jl. Kolonel Sugiono>ambil arah Pantai Sendang Biru>ambil Jalur Lintas Selatan (JLS)>ambil arah Pantai Goa Cina> ambil arah Pantai Bajulmati>Pantai Batu Bengkung.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat