Iklan Gratis
Home / Indonesia / Pantai Kuta Lombok-Menikmati Keindahan Panorama Laut Transparan

Pantai Kuta Lombok-Menikmati Keindahan Panorama Laut Transparan

Bukan hanya di Bali saja ternyata Pulau Lombok juga mempunyai objek wisata Pantai Kuta yang tak kalah menarik. Berbeda dengan Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta Bali dijuluki sebagai pantai matahari terbenam karena mempunyai panorama sunset yang paling indah. Lain halnya dengan Pantai Kuta yang ada di Lombok yang mempunyai panorama laut transparan atau tembus pandang. Hal ini dikarenakan jernihnya air laut sehingga, membuat terumbu karang dan pemandangan bawah laut terlihat dari atas permukaan laut.
Pantai Kuta merupakan salah satu objek wisata pantai di Pulau Lombok tepatnya berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini membentang seluas 7,2 km dengan pasir putih yang lembut. Pantai yang berada di sebelah selatan Pulau Lombok ini juga dikelilingi perbukitan yang asri. Sehingga, begitu kita menginjakkan kaki di pantai ini, kita akan disambut oleh semilir angin pantai dan panorama alam yang hijau menyegarkan. Sangat cocok untuk menikmati waktu libur sambil melepas penat kesibukan kota.
Di pantai yang cantik ini kita bisa melakukan aktifitas apapun sepuasnya karena, pantainya aman dan tidak berbahaya. Aktifitas yang dapat kita lakukan antara lain snorkeling, selancar, berenang, jet ski dan banana boat. Panoramanya yang indah bisa kita nikmati dengan berbagai cara. Bermain air dan pasir di pinggiran pantai, sekilas kita juga bisa melihat terumbu karang yang indah terpancar dari bawah laut. Berjalan menyusuri pantainya yang super luas atau naik ke atas bukit Mandalika yang ada di sebalah barat Pantai Kuta. Dari Bukit Mandalika pemandangan bawah laut akan semakin terlihat indahnya. Ditambah panorama alam laut dan perbukitan yang berpadu menjadikannya semakin menyegarkan mata.
Panorama laut yang transparan dan panoramanya yang menawan mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi Pantai Kuta. Untuk panorama seindah Pantai Kuta Lombok, wisatawan dari berbagai penjuru dunia pun tampaknya tertarik. Memang indonesia benar-benar kaya akan wisata alam yang indah. Seiring banyaknya wisatawan yang mulai berkunjung ke Pantai Kuta, fasilitas dan akomodasi wisatawan pun semakin diperhatikan. Sehingga, wisatawan yang datang dari jauh tidak perlu khawatir akan penginapan, kuliner dan keperluan lainnya.
 
Disekitar kawasan Pantai Kuta tepatnya di Pantai Seger sekitar 2 km setiap tahunnya diadakan upacara adat Sasak Bau Nyale sebagai penghormatan kepada Putri Mandalika sekaligus mengenang pengorbanan Putri Mandalika demi mencegah peperangan. Konon, karena kecantikannya Putri Mandalika diperebutkan oleh banyak lelaki di Lombok. Untuk mencegah terjadinya peperangan, Putri Mandalika lantas menceburkan diri ke lautan dan menjelma menjadi cacing nyale. Cacing Nyale hanya keluar satu tahun sekali selama 1 jam. Itulah mengapa upacara penghormatan tersebut dinamakan Bau Nyale dalam bahasa Sasak yang berarti Cacing Nyale. Upacara ini diadakan pada sekitar bulan Maret-April. Di waktu yang sama juga diadakan panggung festival dengan berbagai macam pertunjukan yang sangat menghibur.
Untuk menuju Pantai Kuta, kita bisa menempuhnya dari Pulau Lombok sejauh 35 km dengan waktu tempuh selama 50 menit. Bisa juga dari Pantai Senggigi dengan jarak tempuh 65 km dengan waktu tempuh selama 1,5 jam. Selain itu, kita bisa menempuhnya 18 km dari Bandar Internasional Lombok dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
Setelah puas menikmati berbagai pesona yang memanjakan, kita bisa kembali ke penginapan. Kemudian jika kita masih ada waktu, kita bisa mengunjungi wisata lain didekatnya yang keindahannya juga tak kalah menarik dengan Pantai Kuta. Adapun objek wisata yang dapat kita kunjungi antara lain seperti Desa Sade (tenun kain Sasak), Taman Narmada, Pantai Seger dan Pantai Tanjung Aan.
Fasilitas: penginapan (homestay, resort), warung kecil, warung makan, toko souvenir, persewaan papan selancar, tempat parkir, gazebo.
HTM pada 30 Maret 2017: gratis
Lokasi: Pantai Kuta, Lombok
Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Rute:

-18 km atau 30 menit Dari Bandara Internasional Lombok (BIL)>Jl. Bandara Int. Lombok>Jl. Bypass Bandara Int. Lombok>Jl. Raya Tanak Awu>Jl. Kuta Lombok>Jl. Pariwisata>Jl. Pariwisata Pantai Kuta>Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

-35 km atau 50 menit Dari Pulau Lombok>Jl. Raya Praya – Kopang>Jl. Langko>Jl. Raya Praya – Keruak>Jl. Raya Praya – Mujur>Jl. Raya Batunyala>Jl. Kuta Lombok>Jl. Pariwisata>Jl. Pariwisata Pantai Kuta>Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

-65 km atau 1,5 jam Dari Pantai Senggigi>Jl. Raya Senggigi>Jl. Raya Meninting>Jl. Adi Sucipto>Jl. Jend. Sudirman>Jl. Ahmad Yani>Jl. TGH. Faesal>Jl. Raya Kediri/Jl. Tgh. Ibrahim Khalidy>Jl. Tgh. Ibrahim Khalidy>Jl. Tgh. Ibrahim Al-Khalidy>Jl. TGH. Abdul Hafidz>Jl. Bypass Bandara Int. Lombok>Jl. Raya Tanak Awu>Jl. Kuta Lombok>Jl. Pariwisata>Jl. Pariwisata Pantai Kuta>Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

 

Tips Saat Berwisata Pantai Kuta Lombok:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Akses transportasi umum masih susah, sebaiknya membawa kendaraan pribadi, menyewa mobil atau taksi untuk menuju ke Pantai Kuta.

-Karena suhu udaranya begitu panas pada siang hari, sebaiknya pakai pelindung tubuh agar kulit tidak terbakar. Bisa topi, kacamata, kain pantai, dll.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat