Iklan Gratis
Home / Tempat Wisata / PANTAI PAPUMA (PASIR PUTIH MALIKAN) JEMBER

PANTAI PAPUMA (PASIR PUTIH MALIKAN) JEMBER

PANTAI PAPUMA (PASIR PUTIH MALIKAN) JEMBER

Pantai Pasir Putih Malikan atau disebut juga Pantai PAPUMA adalah sebuah obyek wisata pantai yang memiliki karakteristik tersendiri bila dibandingkan dengan wisata pantai yang ada di tempat lain. Pantai ini terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur.

Pantai Pasir Putiih Malikan merupakan perpaduan 2 nama antara Pantai Pasir Putih dengan Pantai Malikan. Sebenarnya di sekitar Pantai ini terdapat Pantai lain juga yaitu Pantai Watu Ulo namun dikarenakan pengelolaannya yang berbeda maka pantai tersebut tidak dapat disatukan. Pantai PAPUMA dikelola oleh pihak Perhutani sedangkan Pantai Watu Ulo dikelola oleh pihak Pemerintah Daerah.

pantai-pasir-putih-situbondo



Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 7 jam dari Kota Surabaya atau berjarak sekitar 45 Km dari Kota Jember. Tempat wisata PAPUMA ini selain pantainya juga terdapat kawasan Hutan dengan luas wilayah keseluruhan sekitar 50 hektar.

Akses Menuju Papuma

Bila kita ingin ke pantai ini  dari Bandara di Kota Surabaya kita naik Taksi argo ke terminal Bungurasih seharga Rp. 50.000,- kemudian dari terminal kita naik bus yang menuju ke Kota Jember atau bus jurusan Madura – Banyuwangi yang melewati Kota Jember dengan harga Rp. 50.000 untuk Patas AC sedangkan untuk ekonomi dikenakan tarif sebesar Rp. 27.000,-. Jarak tempuh dari terminal ke Jember sekitar 4-5 jam. Sesampai dari Kota Jember kita mencari Ojek atau Taksi karena untuk menuju ke PAPUMA tidak ada angkutan umum yang mengarah ke sana. Bila menyewa ojek kita dikenakan tarif antara Rp. 75.000,- sampai dengan Rp. 100.000,- sedangkan bila kita naik taksi dikenakan tarif sekitar Rp. 150.000,-. Sesampai di PAPUMA jangan lupa untuk janjian pada tukang ojek atau supir taksinya agar dijemput kembali karena untuk kembali di tempat ini kita tidak akan menemukan angkutan umum.

Memasuki obyek wisata Pantai Pasir Putih Malikan kita dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3.000,- untuk Dewasa, Rp. 2.000,- untuk anak-anak dan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dikenakan tariff parkir sebesar Rp. 500,- untuk motor serta Rp. 3.000,- untuk mobil. Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam 07.00 Wib sampai dengan 18.00 Wib

PAPUMA

Pantai Pasir Putih Malikan sebenarnya adalah sebuah tanjung yang posisinya menjorok ke laut barat daya dengan kawasan hutan serta perbukitan di sekitarnya. Bila dalam kondisi tenang permukaan lautnya akan kelihatan berwarna hijau kebiru-biruan, kondisi ini membuat banyak pengunjung yang tidak sabar untuk langsung menikmati alam pantai. Di Pantai yang mempunyai hamparan pasir yang halus dan putih ini kita akan melihat banyak wisatawan mancanegara yang menikmati cuaca pantai sambil berjemur di bibir pantai.

VLUU L100, M100 / Samsung L100, M100

VLUU L100, M100 / Samsung L100, M100




 

Beberapa panorama alam akan kita lihat di pantai ini yaitu antara lain berupa kawasan hutan yang didalamnya hidup berbagai hewan seperti Biawak, Ayam Alas, Babi Hutan, Rusa serta masih banyak lagi lainnya, selain itu kita juga akan melihat berbagai jenis burung yang menghiasi kawasan hutan.

Selain itu kita juga dapat melihat gugusan pulau dewata yang diberi nama Pulau Krisna, Nada dan Bathara dari lokasi dengan ketinggian 100 meter/dpl. Lokasi tersebut berupa karang tinggi yang digunakan sebagai pondok pengamatan dan diberi nama Siti Hinggil, dari sini kita akan melihat indahnya pantai dari dua sisi, dengan deburan ombak berbuih putih yang saling berkejaran. Di depan Siti Hinggil ini terdapat sebuah batu yang kokoh yang menurut keterangan penduduk setempat batu tersebut bernama Gunung Kodok, dan bila kita lihat dari sudut tertentu batu tersebut memang mirip sebuah kodok raksasa. Dari tempat ini kita juga akan melihat dari kejauhan deburan ombak yang tinggi di Laut Pantai Selatan sedangkan pada bagian belakang terdapat sebuah kawasan hutan yang banyak tumbuh pohon-pohon palem yang sangat indah.

papumaaaa

Gowa Lawa

Di pantai ini kita juga akan melihat sebuah Gowa yang diberi nama Goa Lawa, goa ini hanya dapat dilihat bila kondisi air laut sedang surut. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 30 m, menurut legenda di tempat ini merupakan tempat bersemayam Putri penguasa laut selatan yaitu Dewi Sri Wulan dan tempat bertapa Kyai Mataram. Namun sebaiknya bila ke tempat ini kita ditemani orang yang lebih paham dan mengerti kawasan Goa ini.

goa-lowo

Pantai ini memiliki fasilitas wisata yang cukup baik dengan pelayanannya yang ramah. Bila kita ingin beristirahat, disini juga terdapat gazebo yang bisa kita gunakan sambil menikmati kuliner yang tersedia di warung –warung makan yang ada di tempat ini. Kita juga dapat membeli berbagai oleh-oleh khas PAPUMA berupa Kaos dan kerajinan tangan yang dijual di Kios-Kios Souvenir.

Selepas dari tempat ini kita dapat berkunjung ke obyek wisata lain yang terdapat di kota Jember yaitu Obyek Wisata Pantai Watu Ulo.

pantai-watu-ulo






Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*