Iklan Gratis
Home / Indonesia / PANTAI PULAU DATUK KAYONG

PANTAI PULAU DATUK KAYONG

Pantai Pulau Datuk merupakan salah satu obyek wisata bahari yang dimiliki oleh kayong utara, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai dengan panorama alamnya yang indah. Pantai ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung tepatnya berada di Dusun Tanah Merah Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat.

pulau_datok_run

Dalam pengelolaan wisatanya, Pantai Pulau Datuk masih belum terlalu diperhatikan sehingga fasilitas wisata yang ada masih sederhana. Bila Pemerintah Daerah setempat menyerahkan pengelolaan wisata ini ke pihak swasta, dimungkinkan akan membuat Pantai ini akan semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Bila dilihat dari pengunjung yang datang, mayoritas pengunjung berasal dari wisatawan lokal dikarenakan belum adanya promosi yang gencar terhadap tempat ini. Walau demikian tempat ini masih menjadi tempat wisata pantai faforit yang dimiliki dan digemari oleh warga Kayong Utara, hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang selalu ramai apalagi bila di hari-hari libur nasional.

Untuk menuju ke Pantai Pulau Datuk kita membutuhkan waktu hanya sekitar 10 menit dari pusat Kota Sukadana yang berjarak sekitar 3 Km dan bila dari Kota Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Bila kita ingin ke tempat wisata ini dari Kota Pontianak kita dapat melalui jalur udara, darat maupun laut. Melalui laut dari Kota Pontianak kita dapat menaiki speed boat dari Pelabuhan SengHi ke Sukadana dengan tarif sekitar Rp. 175.000,-, selanjutnya dari Sukadana kita dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Pulau Datuk. bila kita melalui jalur udara dari dari Bandar Udara Supadio Kota Pontianak kita naik pesawat menuju Bandar Udara Rahadi Usman di Ketapang dengan waktu sekitar 45 menit. Selanjutnya dari Ketapang kita melanjutkan perjalanan darat ke Kota Sukadana dengan waktu tempuh sekitar 2 jam atau berjarak sekitar 78 Km.

Tempat wisata ini masih belum ditentukan waktu operasionalnya dikarenakan belum adanya pengelola wisata tempat ini, namun biasanya para pengunjung yang datang bila waktu hampir gelap mereka sudah berkemas untuk pulang. Kita juga tidak dikenakan tarif masuk, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 1.000,-.

pantai-pulau-datok-dan-ujang-tampoy-s

Para pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya selain menikmati suasana pantai mereka juga memilih tempat ini sebagai sarana untuk berkumpul keluarga ataupun teman. Sambil membawa makanan dari rumah mereka dapat menyantap makanan secara bersama-sama ditemani hembusan angin yang sepoi-sepoi yang berasal dari pantai. Di sini terdapat juga tempat penyewaan banana boat bagi pengunjung yang ingin bermain di pantai.

Pantai Pulau Datuk memiliki garis pantai yang berbentuk setengah lingkaran dan berada di antara perbukitan serta di dekat bibir pantai banyak ditumbuhi pepohonan yang tinggi dan rindang, hal ini membuat suasana pantai semakin nyaman dan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Pantai ini sering dipadati oleh pengunjung yang mayoritas berasal dari Kota Sukadana dan Ketapang yang terletak tidak jauh dari Pantai ini, apalagi pada waktu hari raya Lebaran atau di hari Sabtu dan Minggu pantai ini makin banyak dikunjungi.

Di antara pepohonan yang tumbuh di sekitar bibir pantai, telah tersedia tempat duduk dan meja yang terbuat dari kayu alam biasanya pengunjung memanfaatkan tempat ini sambil beristirahat dan menikmati panorama alam laut yang indah. Dari sini kita juga dapat menikmati keindahan sunset yang muncul dari ujung perbukitan yang ada di Pantai ini. Di salah satu ujung pantai kita akan melihat banyak perahu-perahu nelayan yang menambatkan perahunya di atas air laut yang biru ini, kita juga dapat membeli hasil tangkapan nelayan tersebut untuk dijadikan santapan sambil berwisata.

p_20160708_094902_hdr

Bila kita ingin ke tempat ini sebaiknya di bulan Desember dan Januari, karena pada bulan ini penduduk setempat sedang melakukan panen durian. Biasanya setiap musim panen atau musim buah raya  penduduk setempat banyak menghasilkan dodol durian yang disebut Lempok, Dodol tersebut telah banyak dikenal di pasarin dan dapat kita jadikan sebagai buah tangan.

jual-lempok-durian-online

Selepas berwisata di tempat ini, kita dapat melanjutkan wisata ke obyek wisata Tanjung Belandang yang juga berada di sekitar Kota Sukadana.

100_3610

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*