Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Pantai Sadeng Yogyakarta-Menikmati Panorama Pantai Dengan Kesibukan Aktifitas Nelayan

Pantai Sadeng Yogyakarta-Menikmati Panorama Pantai Dengan Kesibukan Aktifitas Nelayan

Yogyakarta memang sudah terkenal dengan destinasi wisatanya yang banyak baik wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner maupun wisata sejarah. Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Pelajar ini baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tak jarang mereka yang datang tidak hanya satu dua kali saja, mereka sering berwisata ke Jogja lantaran keindahan dari setiap objek wisata yang mereka kunjungi. Terlebih wisata alam berupa pantai, hal ini yang semakin diminati para wisatawan.

Yogyakarta sendiri mempunyai banyak destinasi wisata pantai yang mempunyai panorama yang indah. Setiap pantainya mempunyai ciri khas masing-masing. Ciri khas tersebut selalu berhasil menarik minat para wisatawan dari berbagai penjuru kota bahkan dunia. Seperti pantai yang satu ini, Pantai Sadeng. Pantai ini berjarak 80 km dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar 46 km dari Wonosari.

SAM_3466

Foto: edupai.blogspot.com

Konon katanya sekitar 4 juta tahun yang lalu Pantai Sadeng pernah menjadi jalur aliran sungai Bengawan Solo menuju Laut Selatan namun, kini jalur aliran Bengawan Solo berpinah ke Laut Jawa atau Laut Utara. Masih terlihat dengan jelas bekas aliran sungai yang kini menjadi lahan pertanian yang terdapat bebatuan disekitarnya. Tak jarang bekas aliran ini dijadikan sebagai penelitian geologi. Bekas aliran sungai tersebut kemudian diberi nama Bengawan Solo Purba yang berada di antara dua bukit di pinggir jalan menuju Pantai Sadeng.

Foto: travelsia.com

Foto: travelsia.com

Di Pantai Sadeng ini juga terdapat mercusuar dimana kita dapat melihat pemandangan disekitar Pantai Sadeng dari atas. Karena bersebelahan dengan Pelabuhan Ikan maka, kawasan pantai yang berpasir tergolong kecil namun, kita masih bisa untuk sekedar duduk bersantai di pinggirnya. Atau kita juga bisa menikmati pantai sambil bersantai di bebatuan pemecah ombak. Penataan batunya sangat rapi sehingga menjadikannya terlihat unik dan menarik.

Foto: puguh05.wordpress.com

Foto: puguh05.wordpress.com

Foto paketwisatajogja.net

Foto paketwisatajogja.net

Di sisi lain kita melihat aktifitas kesibukan nelayan dan kapal-kapal yang berjajar di pinggir pantai namun, di sisi lainnya kita bisa menikmati panorama alam berupa laut lepas yang membentang luas dengan bukit karang hijau di pinggirnya. Di satu tempat kita dapat menikmati dua macam pemandangan sekaligus, di mana lagi kalau bukan di Pantai Sadeng.

Foto: print.kompas.com

Foto: print.kompas.com

Pantai Sadeng yang masih menjadi bagian dari pantai Laut Selatan ini terdapat pelabuhan ikan sekaligus menjadi sentral pencaharian masyarakat sebagai nelayan. Kita pun bisa membeli ikan segar maupun menikmati berbagai kuliner hasil laut yang masih segar. Banyak hal yang bisa kita lakukan disini seperti menikmati suasana pantai, mengelilingi kawasan pantai dengan kapal, memancing maupun menyusuri Bengawan Solo Purba. Suasana pantai yang sejuk juga panorama alam yang indah selalu sukses menarik perhatian wisatawan. Setiap harinya Pantai Sadeng selalu ramai pengunjung, terlebih lagi pada saat hari libur pengunjung akan semakin bertambah.

Foto: indonesiawow.com

Foto: indonesiawow.com

 

Fasilitas: toilet, parkir, mushola, warung makan, penginapan, kapal, mercusuar, gazebo.

Rute:

-Dari Jogja-Desa Mulo-Mantel-Bintaos-Tepus-Pasar Jepitu-Girisubo-Suling-Songbanyu-Pantai Sadeng.

-Dari Sukoharjo-Praci-Kecamatan Rongkop-Nglindur-Pasar Ngrancah-Pasar Jepitu-Girisubo-Suling-Songbanyu-Pantai Sadeng.

-Dari Klaten-Semau-Giripanggung-Cuelo-Pasar Jepitu-Girisubo-Suling-Songbanyu-Pantai Sadeng

HTM: Rp5.000,-

Lokasi: Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat