Home / Jawa / Banten / Pantai Sawarna Banten-Panorama Tersembunyi Yang Belum Dijamah Banyak Wisatawan

Pantai Sawarna Banten-Panorama Tersembunyi Yang Belum Dijamah Banyak Wisatawan

Banten merupakan kota kecil yang mempunyai objek wisata yang tidak begitu ramai dikunjungi  wisatawan lantaran aksesnya yang sulit dan berada di daerah terpencil. Namun dibalik ketersembunyiannya yang membuat ragu wisatawan ternyata mempunyai panorama yang sangat indah. Ketersembunyiannya membuat setiap objek wisata menjadi sedikit peminat jadi, kebersihannya masih terjaga dengan baik. Entah karena belum tahu atau mungkin ragu dengan akses jalannya, pantai yang masih menghadap langsung ke Samudra Hindia ini belum banyak terjamah wisatawan. Padahal panorama yang disuguhkan luar biasa indahnya dan masih bersih pula. Mungkin tempat ini lebih cocok untuk wisatawan yang tidak menyukai keramaian , karena tempatnya sepi dan cocok juga untuk melepas penat perkotaan. Letaknya yang saling berdekatan membuat kita bisa mengunjungi beberapa objek wisata dalam satu waktu sekaligus. Seperti Pantai Sawarna yang dekat dengan 7 objek wisata lain.

Foto: indonesiaexplorer.net

Foto: indonesiaexplorer.net

sunset-pantai-ciantir-pantai-sawarna

karang-tarajeSesampainya di loket pembelian tiket kemudian kita akan berjalan menyusuri jalan setapak yang cukup jauh, melewati perkampungan, kebun warga dan jembatan yang membentang di atas Sungai Cisawarna. Namun, meski jauh kita akan selalu dimanjakan oleh panorama alam sekitar yang kita lalui sehingga, perjalanan akan terasa singkat. Setelah sampai di kawasan objek wisata, begitu kita menginjakkan kaki di Pantai Sawarna kita langsung disambut dengan panoramanya yang tak henti-hentinya membuat kita terkagum. Suasana santai dengan udara sejuk khas pantai bagai relaksasi yang mengenakkan seketika.

Foto: irhamfaridh.com

Foto: irhamfaridh.com

Pantai Sawarna, pantai yang mempunyai pasir putih lengkap dengan batu karang yang berjajar di sekitar pantainya dan di sisi lainnya terdapat tebing karang yang menjulang. Disekitarnya terdapat hutan hijau yang semakin membuat Pantai Sawarna menjadi sejuk dipandang mata. Lautnya yang biru dengan ombaknya yang saling berebut untuk menyentuh pantai akan membuat siapa saja betah berlama-lama di pantai terpencil yang dianggap surga tersembunyi ini. Kita bisa mengambil foto dengan berbagai background alam yang menawan. Di pantai ini kita bisa menikmati panorama pantai sambil bermain pasir maupun berolahraga pantai. Karena Pantai Sawarna mempunyai ombak yang besar dan ganas maka, wisatawan tidak dianjurkan berenang di pantai tertentu.

Foto: kompetensi.info

Foto: kompetensi.info

Letaknya yang terpencil dan akses jalannya yang tidak begitu baik menjadi kurang diperhatikan pemerintah. Sehingga fasilitas-fasilitasnya belum begitu memadai. Namun, untuk urusan makan dan menginap, warga sekitar sudah berinisiatif mendirikan warung-warung kecil dan menyewakan homestay bagi para wisatawan.Warung-warung kecil menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Homestay yang disewakan pun menpunyai harga dan fasilitas yang beragam, untuk satu kali menginap dikenakan tarif Rp100.000,- sampai Rp300.000,-.  Karena banyaknya wisata yang berdekatan satu dengan yang lain maka, berwisata ke Pantai Sawarna tidak cukup 1 hari. Buruh waktu 2-3 hari untuk menjelajahi surga tersembunyi yang ada di sekitar Pantai Sawarna.

photo-samping-malibo

Setelah puas menikmati pesona dan panorama keindahan Pantai Sawarna, kita juga bisa mengunjungi objek wisata lain yang tidak jauh dari pantai ini seperti Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Taraje, Pantai Pulo Manuk, Pantai Ciantir, Goa Lalay, Goa Langir, Goa Seribu Candi dan masih banyak objek wisata lain yang masing-masing mempunyai pesona dan panorama yang berbeda mulai dari pantai, goa dan penangkaran hewan. Oleh karena itu belum lengkap kalau berwisata ke Pantai Sawarna tapi tidak singgah ke tempat wisata terdekatnya.

slide-tanjung-layar

Adapun untuk menuju ke Pantai Sawarna terdapat 2 jalur yang dapat kita lalui. Dari Jakarta sekitar 280 km atau sekitar 6-7 jam perjalanan. Yang pertama jalur Barat melalui Tol Merak>Serang Timur>Pandeglang>Gunung Kencana>Malingping>Bayah>Sawarna. Dan yang kedua jalur Timur melalui Tol Jagorawi>Ciawi>Cibadak>Pelabuhan Ratu>Sawarna. Akses jalan menuju Pantai Sawarna berkelok-kelok, banyak tikungan tajam, tanjakan yang curam dan jalan berlubang. Jika hendak berwisata ke Pantai Sawarna sebaiknya gunakan kendaraan yang sesuai dengan  jalurnya. Pastikan juga kendaraan dalam keadaan prima dan bahan bakar mencukupi.

 

 

Tips Berwisata Di Pantai Sawarna:

-Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan bahan bakar mencukupi, karena jauh dari bengkel dan SPBU.

-Selalu waspada dan hati-hati saat berkendara.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Bawa uang tunai yang cukup karena kawasan ini jauh dari ATM.

-Bawa pakaian bersih jika sewaktu-waktu baju kita basah.

 

Fasilitas: warung, homestay

HTM (pada 16 Januari 2017): Rp5.000,- per orang

Lokasi: Pantai Sawarna

Sawarna, Bayah, Lebak, Banten, Indonesia

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat