Iklan Gratis
Home / Kalimantan / PEMANDIAN AIR PANAS TANUHI

PEMANDIAN AIR PANAS TANUHI

Di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan terdapat sebuah daerah yang memiliki obyek wisata yang cukup banyak dengan ciri khas masing-masing, para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Hulu Sungai Selatan pasti akan menyempatkan waktu untuk datang ke daerah ini, daerahnya bernama Loksado. Di Loksado terdapat beberapa obyek wisata seperti Pemandangan alam, Pemandian air panas, Air terjun, bamboo rafting dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi Pemandian Air Panas Tanuhi

Salah satu obyek wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan adalah obyek wisata Pemandian Air Panas Tanuhi. Obyek wisata ini berada di Lembah Pegunungan Loksado Desa Tanuhi Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Akses Menuju Pemandian Air Panas Tanuhi

Untuk menuju ke  Pemandian Air Panas Tanuhi dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin yang berjarak sekitar 168 Km, sedangkan bila dari Kota Kandangan yang merupakan ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan kita harus menempuh perjalanan sejauh 30 Km.

Bila ingin ke tempat wisata ini kita dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dari Loksado kita menempuh perjalanan ke Desa Tanuhi. Dalam perjalanan kita akan menemukan sebuah jembatan yang terbuat dari Kayu Ulin, tidak jauh dari jembatan terdapat sebuah pertigaan di desa Hulu Banyu selanjutnya kita belok kiri tidak jauh dari sini kira-kira 500 meter kita telah sampai di Lembah Pegunungan Loksado. Di depan pintu gerbang wisata selanjutnya kita akan melewati jembatan penghubung ke lokasi wisata, dari jembatan ini kita akan melihat aliran sungai yang memiliki arus cukup deras serta jernih.

tanuhi-868x508

Harga Tiket Masuk dan Akomodasi

Sebelum masuk ke tempat wisata ini terlebih dahulu kita membeli tiket masuk seharga Rp. 3000,- per orang. Pemandian Air Panas Tanuhi bila hari libur cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Lembah pegunungan Loksado memiliki suhu udara yang cukup dingin, sehingga bila kita berada di tempat ini sangatlah cocok bagi kita untuk merasakan Pemandian Air Panas yang dapat menyegarkan tubuh kita.

Pemandian Air Panas Tanuhi

Pemandian Air Panas Tanuhi memiliki kolam pemandian sebanyak 3 buah dengan kondisi suhu airnya yang berbeda-beda. Bila kita ingin berendam di kolam tersebut sebaiknya pertama kali dilakukan pada kolam pertama yaitu Kolam terpanjang dengan suhu sedang untuk menyesuaikan diri dengan suhu air panasnya. Kolam kedua adalah kolam yang berukuran lebih kecil, namun mempunyai suhu air panas yang paling tinggi dari 3 kolam yang ada di tempat Pemandian Air Panas Tanuhi, sedangkan pada kolam ke tiga memiliki suhu air yang dingin namun memiliki kedalaman air yang lebih dalam dibandingkan dengan ke dua kolam tersebut. Perubahan suhu air ini membuat badan kita akan terasa relaks dan nyaman.

tanuhi-kolam-ap

Pengunjung anak-anak biasanya menikmati pemandian air panas pada kolam pertama, disamping kondisi suhunya yang sedang kedalamannya pun dangkal sehingga kita tidak akan khawatir bila anak-anak tersebut bermain di kolam yang pertama.

Berada di kolam Pemandian Air Panas Tanuhi kita akan merasa seperti diterapi oleh air panas tersebut, sirkulasi darah kita akan terasa lancar sehingga dapat menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit, apalagi setelah melakukan perjalanan ke tempat ini.

13525516_210276589366714_2090172494_n

Selain kolam air panas disini terdapat juga beberapa fasilitas wisata antara lain mushollah, MCK, kantin, lapangan olahraga dan aula pertemuan. Bagi pengunjung yang ingin menginap di tempat ini, terdapat beberapa cottages yang memiliki 2 tipe, untuk tipe pertama kondisi kamarnya lebih luas dan memiliki fasilitas garasi mobil sedangkan untuk tipe kedua posisi tempatnya agak ke dalam dan tidak terdapat garasi mobil.

penginapan

Setelah puas menikmati Pemandian Air Panas di Tanuhi ini selanjutnya kita dapat ke obyek wisata yang masih berada di daerah Loksado yaitu Obyek wisata Air Terjun Riam Hanai. Untuk ke air terjun ini kita harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit atau berjarak sekitar 7 Km dari tempat Pemandian Air Panas Tanuhi.

 

Selamat berwisata..

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.