Iklan Gratis
Home / Indonesia / Pulau Poncan Tapanuli Yang Memikat Hati

Pulau Poncan Tapanuli Yang Memikat Hati

Pulau Poncan Tapanuli Yang Memikat Hati

Liburan adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dari kesibukan kota. Menjauh dari keramaian, menikmati keheningan alam yang begitu damai menjadi harapan yang dinanti oleh para wisatawan. Alam selalu menjadi primadona untuk melengkapi hari libur. Tidak tanggung-tanggung, mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan esensi liburan yang mereka mau. Indonesia kaya akan potensi dan Indonesia selalu menarik wisatawan untuk dijelajahi dari pulau ke pulau. Seperti pulau yang satu ini, Pulau Poncan.

Tapanuli adalah salah satu Kabupaten yang berada di Sumatera. Tapanuli mempunyai pulau-pulau kecil yang cantik. Seringkali, wisatawan berkunjung ke Tapanuli untuk menjelajahi pulaunya. Berjuta keindahan alam dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik akan memanjakan Anda. Tapanuli dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata yang harus tercatat dalam rencana liburan Anda. Seperti Pulau Poncan yang akan menawarkan keindahannya yang menawan.

Pulau Poncan adalah pulau cantik yang berada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Tepatnya berada di 7 km dari Kota Sibolga atau jika ditempuh dengan speedboat menghabiskan waktu selama 30 menit perjalanan laut. Disepanjang perjalanan menuju Pulau Poncan Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Deburan ombak yang riuh akan mengiringi perjalanan Anda. Anda pun akan terkesima dengan maha karya Allah SWT yang tak ternilai harganya.

Asal mula pemberian nama Poncan berasal dari kata “Found Change”. Karena masyarakat pribumi susah dalam melafalkan nama tersebut maka, keluarlah nama Poncan dari pengucapan lafal Found Change. Karena seringnya nama Poncan terdengar, lambat laut nama Found Change mulai tergeser. Dulu, sebelum diberi nama Found Change, pulau cantik ini bernama Pulau Takalo.

Pulau Poncan terbagi menjadi 2 Pulau yaitu Pulau Poncan Gadang dan Pulau Poncan Ketek. Gadang artinya besar sedangkan Ketek artinya kecil. Kedua pulau tersebut masing-masing mempunyai panorama yang berbeda sehingga Anda pun harus menyinggahi keduanya.

Pesona Pulau Poncan

Pulau Poncak tidak hanya menyimpan kekayaan yang berlimpah namun juga menyimpan sejarah mengenai Sumatera Utara.  Terdapat goa-goa peninggalan Jepang bekas persembunyiannya pada masa penjajahan. Dimana goa-goa yang dibuat oleh pasukan jepang saling terhubung satu sama lain. Selain itu Pulau Poncan dulunya juga sebagai pusat perdagangan, tepatnya di Teluk Tapian Nauli.

Pulau Poncan menyajikan pemandangan alam indah dengan pantai yang cantik. Disekitar pulau dipenuhi pepohonan rimbun yang tampak asri. Udara sejuk dan suasana yang nyaman akan memanjakan Anda dengan berbagai pesona Pulau Poncan. Pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih semakin menambah keindahan Pulau Poncan. Untuk melihat terumbu karang, Anda pun bisa menyelam ke dalam lautnya yang jernih seperti kaca dan keanekaragaman hayati akan menyambut Anda.

Liburan tanpa fasilitas yang memadai rasanya akan mengurangi mood liburan Anda. Seindah-indahnya tempat wisata jika belum dilengkapi dengan  fasilitas penunjang akan membuat wisatawan kurang tertarik dan bahkan enggan berkunjung. Bagaimana pun juga fasilitas teta menjadi prioritas untuk menyambut wisatawan.

Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjugi oleh wisatawan Pulau Poncan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman hingga penyewaan alat renang maupun snorkeling berjajar dipinggir pantai menanti pembeli. Berbagai macam jajanan khas Tapanuli bisa Anda cicipi, Berbagai kerajinan tangan dan juga pernak-pernik yang cantik bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh snak famili. Bangku-bangku juga tersedia dalam jumlah yang banyak untuk Anda yang menyukai sensasi bersantai di pinggir pantai.

Bersantai di pinggir pantai menikmati suasana sejuk dan keheningan alam yang begitu anggun. Tambah ombak di lautan menari dengan gemulai menyambut setiap kapal yang datang. Hijaunya alam pegunungan terlihat dari kejauhan begitu menyegarkan mata. Semilir angin pantai tak henti-hentinya membelai Anda dengan semilirnya. Menghabiskan hari di Pulau Poncan akan terasa begitu cepat. Tiba-tiba hari menuju malam dan Anda butuh tempat singgah.

sibolga.net

Anda pun tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Disekitar Pulau Poncan tersedia berbagai penginapan dengan fasilitas dan harga yang beragam. Salah satu penginapan yang dapat Anda singgahi adalah Sibolga Marine Resort. Selain itu jika Anda ingin menyatu dengan alam, Anda bisa mendirikan tenda di area perkemahan yang tersedia di Pulau Poncan.

Akses Menuju Pulau Poncan

Pulau Poncan berada di tempat yang terpencil dan jauh dari keramaian kota namun, akses menuju ke lokasinya bisa ditempuh dengan mudah. Ada transportasi darat untuk sampai di Kota Sibolga dan ada transportasi laut yang akan mengantar Anda sampai Pulau Poncan.

Adapun untuk sampai di Pulau Poncan, Anda bisa menempuhnya dari Medan maupun dari Sibolga. Jika dari Medan Anda bisa menampuhnya selama kurang lebih 9 jam dengan perjalanan darat. Kemudian dilanjutkan 1 jam naik speedboat dari dermaga menuju Pulau Poncan. Anda juga bisa menempuhnya langsung dari Sibolga, kemudian naik speedboat dari Pelabuhan Sibolga menuju Pulau Poncan selama 30 menit. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah.

Jika dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Tapanuli Tengah. Kemudian lanjutkan perjalanan Anda ke Kota Sibolga. Dari sinilah mulai perjalanan laut dengan speedboat dari Pelabuhan Sibolga.

 

Alamat:

Pulau Poncan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia

 

Tips Saat Berwisata ke Pulau Poncan:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan lingkungan sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Bawa bekal uang tunai yang cukup.

-Booking penginapan secepatnya.

-Jaga kesehatan fisik sebelum berangkat berwisata.

-Bawa keperluan secukupnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*