Home / Tempat Wisata / Pulau Untung Jawa-Menyusuri Sudut Kepulauan Seribu Yang Penuh Dengan Pesona

Pulau Untung Jawa-Menyusuri Sudut Kepulauan Seribu Yang Penuh Dengan Pesona

 

Pulau Untung Jawa merupakan obyek wisata alam berupa sebuah pulau yang terletak di daerah gugusan kepulauan yang bernama Kepulauan seribu. Daerah Kepulauan Seribu merupakan pemerintah Kota Adminisrasi yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.



Pulau untung jawa memiliki sejarah yang ada kaitannya dengan Pemerintah Hindia Belanda pada waktu jaman penjajahan dimana Sejak tahun 1920 pulau ini telah ditempati oleh beberapa warga dan dikepalai oleh seorang Bek (Lurah) yang berasal dari Pulau Jawa yang bernama Bek Fi’l dan Bek Kasim. Bek Kasim tinggal di sebuah Pulau yang bernama Pulau Kelor.

Nama-nama yang ada pada gugusan kepulauan ini disesuaikan dengan nama yang berbau Belanda, untuk Pulau Untung Jawa waktu itu diberi nama Pulau Amiterdam sementara Pulau yang ditempati Bek Kasim Pulau Kelor dinamai dengan Pulau Kherkof.

Pada tahun 1930-an Pulau Kherkof (Kelor) mengalami abrasi sehingga seluruh warga yang berada di pulau tersebut diperintahkan oleh Bek Kasim untuk pindah ke Pulau Amiterdam (Untung Jawa) dengan menggunakan kapal layar. Selang beberapa lama, Pulau Amiterdam berubah nama menjadi Pulau Untung Jawa.

 



Pulau Untung Jawa dari waktu ke waktu memiliki perkembangan pembangunan yang cukup meningkat, sehingga pada tahun 2002 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pulau ini dijadikan sebagai Desa Wisata Nelayan.
Untuk menuju Pulau Untung Jawa kita memerlukan waktu sekitar 1.5 jam dari Bandara Internasional Soekarno Hatta – Tangerang atau berjarak sekitar 29 km dari Utara Kota Tangerang.

Bila ingin menyeberang ke pulau ini dapat dilakukan melalui 3 dermaga yaitu Muara Angke, Tanjung Pasir dan Pantai Marina. Dari Muara Angke kita bisa menuju dermaga yang berada di belakang Pom Bensin Muara Angke, adapun waktu keberangkatannya mulai dari jam 07.30 Wib.




Bila kita melalui Tanjung Pasir dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui tol Bandara menuju jalan Marsekal Surya Darma atau Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, selanjutnya ke arah kampung Melayu lalu masuk ke jalan raya Tanjung Pasir dengan jarak sekitar 6 Km kita memasuki Pantai Tanjung Pasir. Kendaraan pribadi yang kita bawa dapat diparkir di Tanjung Pasir ini, kondisinya cukup aman yang penting kita jangan lupa untuk menguncinya. Untuk masuk ke Tanjung Pasir dikenakan biaya sebesar Rp, 2.500,- per orang. Selanjutnya kita dapat menyeberang ke Pulau Untung Jawa dengan perahu yang berjejer di bibir pantai dengan waktu sekitar 30 menit, adapun tarifnya yaitu sebesar Rp. 10.000,- per orang. Waktu keberangkatan perahu tersebut mulai jam 11.00 Wib.

Dari Pantai Marina kita dapat menggunakan Transportasi laut antar pulau yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Waktu keberangkatan kapal yaitu pada jam 08.00, dengan tarif sebesar Rp. 25.000,- per orang sampai Rp. 30.000,- per orang ditambah Rp. 2.000,- untuk asuransi.

Sesampai di Pulau Untung Jawa kita akan melihat pemandangan hamparan pasir di bibir pantai yang cukup indah sehingga kita tidak sabar untuk dapat merasakan pasirnya yang lembut. Di samping itu bila kita ingin menikmati pemandangan laut dengan semilir angin yang sepoi-sepoi tanpa kepanasan, oleh pengelola telah disediakan tempat berupa gazebo-gezebo yang berada di dekat bibir pantai.

Selain keindahan Pantai di Pulau Untung Jawa ini juga dapat kita nikmati suasana Hutan bakau yang ada di daratan Pulau ini. Dengan memasuki pulau, kita akan berjalan kaki melalui jalan setapak yang telah dirapihkan serta jejeran Pohon bakau yang rindang dan lebat diantaranya, sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman dibuatnya.




Di Pulau ini telah tersedia beberapa fasilitas wisata yang memanjakan para pengunjung, antara lain Olahraga Air, Flying Fox, Bersepeda serta Penginapan dan Kuliner.
Untuk Olahraga Air di tempat ini telah disediakan peralatan untuk menyelam yaitu Diving dengan biaya Rp. 15.000,- dan Snorkeling dengan biaya antara Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 75.000,-. Selain itu bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai dari atas laut disini juga disediakan tempat untuk menyewa Banana Boat dengan biaya sebesar Rp. 35.000,- per orang. Bila ingin menikmati suasana pantai di Pulau Untung Jawa ini dari udara kita dapat menyewa Flying Fox dengan biaya sebesar Rp. 30.000,- per orang.

Selain itu kita dapat juga menikmati daratan Pulau Untung Jawa dengan suasana Hutan Bakau sambil berkeliling menggunakan Sepeda yang telah disediakan di tempat ini. Tarif Sepeda tersebut sebesar Rp 5.000,- selama 1 jam.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, di Pulau ini, telah tersedia beberapa penginapan yang dapat kita sesuaikan dengan budget kita. Penginapannya ada yang menggunakan AC dengan tarif mulai dari Rp. 250.000,- sampai dengan Rp. 300.000,- per malam untuk kapasitas 4 orang dan ada pula yang hanya menggunakan Kipas Angin dengan tarif mulai Rp. 150.000,- per malam dengan kapasitas 3-4 orang. Bila kita ingin menyewa sebuah rumah disini juga tersedia dengan biaya sebesar Rp. 650.000,- per malam dengan fasilitas 3-4 kamar tidur serta dapur.




Di Pulau ini juga tersedia tempat makan bila kita ingin berkuliner, hampir seluruh tempat makan di pulau ini menyediakan makanan seafood, cukup dengan Rp. 75.000,- kita sudah dapat menikmati 1 Kg Ikan Kakap.

Berada di Pulau Untung Jawa membuat kita sangat betah, karena kita dapat melupakan sejenak kehidupan kota yang hingar bingar. Namun bagi pengunjung yang tidak ingin menginap di pulau ini sebaiknya jangan sampai lupa waktu, karena batas waktu perahu terakhir untuk menyeberang yaitu pada pukul 15.00 Wib.
Selama dalam perjalanan pulang dari Pulau Untung Jawa kita dapat berkunjung ke tempat wisata yang memiliki struktur bangunan yang cukup unik dan berada di Kota Tangerang jaraknya pun tidak jauh dari Dermaga Tanjung Pasir yaitu Mesjid Pintu Seribu.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat