Home / Bali / Pura Taman Ayun-Situs Warisan Dunia Yang Ada Di Bali

Pura Taman Ayun-Situs Warisan Dunia Yang Ada Di Bali

Pura Taman Ayun-Situs Warisan Dunia Yang Ada Di BaliPura Taman Ayun merupakan salah satu pura atau tempat beribadah bagi umat Hindu yang berada di Bali. Bali sendiri mempunyai pura besar yang dijadikan sebagai pusat kegiatan upacara keagamaan. Pura tersebut antara lain Pura Uluwatu, Pura Ulundanu, Pura Besakih, Pura Batur, Pura Batu Karu dan Pura Taman Ayun. Dari sekian banyak pura, Pura Taman Ayun yang akan kami bahas terlebih dahulu.



Pura Taman Ayun berada di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Pura Taman Ayun adalah peninggalan sejarah dari Kerajaan Mengwi. Pura tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang dan dewa-dewa. Pura Taman Ayun dibangun pada abad ke-17 atau sekitar tahun 1632 oleh raja Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu Kini, Pura Taman Ayun telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Pura Taman Ayun kemudian berubah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Begitu memasuki Pura Taman Ayun suasana sejuk akan menyambut Anda dengan  pepohonan yang asri, pemandangan alam yang indah dan juga bangunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh. Kawasan Pura Taman Ayun terbagi menjadi beberapa bagian yang saling berdekatan.


Pada area pertama disebut dengan Jaba yang bisa dicapai hanya dengan melewati jembatan kolam dan pintu gerbang. Terdapat tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (wantilan) dimana sering diadakan sabung ayam saat ada upacara. Selain tugu kecil juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin.

 

Kemudian beranjak pada area selanjutnya, di sebelah kanan jalan Anda akan melewati komplek pura kecil yang bernama Pura Luhuring Purnama. Sesampainya di area ini, posisinya lebih tinggi dari area sebelumnya. Kemudian Anda akan melewati pintu gerbang yang kedua. Di dalam ini terdapat bangunan berupa aling-aling Bale Pangubengan dengan relief yang menggambarkan Dewa Nawa Sanga (9 Dewa penjaga arah mata angin). Di sebelah timur juga terdapat pura kecil bernama Pura Dalem Bekak dan di sebelah barat terdapat Balai Kulkul yang menjulang tinggi.

Sesaat kemudian, Anda akan tiba di penghujung pura. Tempat ini merupakan tempat tertinggi dan suci dari semua bagian pura. Di sini terdapat pintu gelung sebagai akses keluar masuk untuk mengambil keperluan upacara. Itulah sebabnya bagian ini hanya dibuka saat ada upacara.




Dan sebagai akses keluar masuk pada kegiatan sehari-hari melewati gerbang yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu gelung. Termasuk juga untuk keluar masuk wisatawan yang berkunjung. Masih di area ini, Anda akan menjumpai beberapa meru (tempat pemujaan), candi, gedong, padmasana, padma rong telu, dan bangunan-bangunan keagamaan lainnya.

Tidak hanya bangunan bersejarahnya yang indah, namun hamparan rumput hijau juga semakin menambah tempat ini menjadi sejuk dan asri. Pepohonan tampak tumbuh rindang menaungi setiap jengkal tanah. Tak ketinggalan berbagai macam bunga juga melengkapi pemandangan yang ada.

Tidak jauh dari Pura Taman Ayun terdapat Museum Manusa Yadnya yang menyelenggarakan upacara berkaitan dengan siklus kehidupan masusia sejak lahir hingga meninggal. Selain itu, ada juga wisata Alas Kedaton yang tidak jauh dari Pura Taman Ayun.

Di sekitar Pura Taman Ayun banyak terdapat fasilitas yang memadai. Berbagai toko dapat Anda jumpai di sini termasuk toko kecil hingga restoran. Kemudian jika Anda hendak menginap, di sekitaran pura juga terdapat penginapan berupa wisma yang disewakan dengan tarif dan fasilitas yang beragam.




HTM Pura Taman Ayun:

-wisatawan lokal: Rp10.000,- per orang

-wisatawan asing: Rp20.000,- per orang

 

 

Alamat: Pura Taman Ayun, Jalan Ayodya No.10, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Indonesia

Rute:

-Dari Denpasar (18 km selama 30 menit)>Jl. Pekandelan>Jalan Banjar Bunyuh>Jl. Raya Denpasar>Jl. I Gusti Ngurah Rai>Jl. Ayodya (rambu Taman Ayun/Sangeh>Pura Taman Ayun, Jalan Ayodya No.10, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

 

Tips Berwisata Pura Taman Ayun:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Hormati umat Hindu yang sedang beribadah.

-Berpakaian sopan, menjaga sikap dan perkataan.

-Bawa uang tunai yang cukup.

-Bawa pelindung kepala bila datang di siang hari.

-Bawa bekal minuman.

 

Selamat Berwisata…






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*