Iklan Gratis
Home / Indonesia / TAMAN KYAI LANGGENG – MAGELANG – JAWA TENGAH
Foto: wisatane.com

TAMAN KYAI LANGGENG – MAGELANG – JAWA TENGAH

Taman Kyai Langgeng merupakan obyek wisata alam yang memiliki keindahan tersendiri, selain lingkungannya yang asri di tempat ini kita juga dapat menikmati berbagai macam kehidupan flora dan fauna. Obyek wisata alam ini terdapat di daerah Kota Magelang tepatnya di Jl. Cempaka 6 – Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Foto: travelmagelang.wordpress.com

Foto: travelmagelang.wordpress.com

Daerah Taman Kyai Langgeng ini pada awalnya merupakan daerah lahan yang kurang produktif dengan disekitarnya terdapat daerah perkuburan dan persawahan yang tandus, kemudian pada tahun 1981 melalui gagasan Drs. H.A. Bagus Panuntun tempat ini diubah menjadi sebuah Taman Bunga dengan luas wilayah kurang lebih 5 Hektar.

Pada tanggal 15 September 1987, Taman Bunga tersebut berubah menjadi sebuah obyek wisata alam dengan nama Taman Kyai Langgeng dan pembukaannya diresmikan oleh Gubernur KDH Tk I Jawa Tengah Bapak H. Muhammad Ismail.

Kyai Langgeng sendiri diambil dari nama seorang pejuang kemerdekaan pada masa perang Pangeran Diponegoro. Beliau adalah seorang ulama besar dan merupakan penasehat Diponegoro pada waktu itu. Kyai Langgeng dimakamkan di sekitar area taman ini, untuk itulah Taman ini diberi nama Taman Kyai Langgeng.

Taman ini telah melakukan beberapa penambahan wisata serta pengembangan wilayah dengan luas wilayah saat ini sekitar 28 Hektar.

Lokasi tempat wisata Taman Kyai Langgeng kurang lebih 1 Km dari pusat Kota Magelang. Dari terminal Magelang, kita menaiki bus Wonosobo yang akan melewati Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng.

Apabila kita dari Candi Borobudur, untuk menuju ke obyek wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 15 menit yang berjarak sekitar 20 Km.

Taman Kyai Langgeng beroperasional setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, adapun harga tiket masuknya bervariasi yaitu untuk hari Senin- Jum’at sebesar Rp8.000,- dan bila hari Sabtu- Minggu & Libur Nasional harganya sekitar Rp12.000,- per orang.

Foto: yogakurnianto.blogspot.co.id

Foto: yogakurnianto.blogspot.co.id

Selain Alamnya yang indah di Taman Kyai Langgeng ini kita dapat juga menikmati beberapa fasilitas wisata yang memanjakan kita, yaitu antara lain perpustakaan yang menyediakan berbagai informasi flora dan fauna serta informasi lainnya, tempat bersantai, tempat olah raga, Camping Ground, hutan wisata dan masih banyak lagi lainnya.

bioskop-6-dimensi-2

Foto: kyailanggeng.com

pesawat

Salah satu fasilitas wisata yang banyak didatangi oleh para pengunjung yaitu kolam renang dan arung jeram. Di daerah Kolam renang oleh pengelola dibagi menjadi dua bagian dengan pembatas terapung, bagian pertama dikhususkan untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan bagian lainnya untuk pengunjung dewasa dengan kedalaman 2 meter, selain kolamnya di area ini juga terdapat menara meluncur yang berkelok-kelok sehingga makin memanjakan pengunjung yang sedang berenang. Untuk masuk ke kolam renang ini kita akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.000,- per orang.

kolam-renang-kyai-langgeng-magelang

Foto: wisatane.com

Fasilitas wisata yang sering didatangi oleh pengunjung selain kolam renang juga pada arena arung jeram. Arung jeram ini melintas di sungai Progo Asri dengan panjang lintasan sekitar 9 Km, selama ber arung jeram kita akan disuguhkan pemandangan alam serta suasana pedesaan di sekitar Sungai Progo. Fasilitas ini mulai di buka pada jam 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dan dikenakan biaya sekitar Rp100.000,- per orang.

arung-jeram-magelang-progo-atas-2015

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Taman Kyai Langgeng juga memiliki beberapa koleksi Flora dan Fauna yang sudah langka antara lain yaitu Cempaka Ganda (Mycelia Campaca), Dewa Daru (Eugenia Sp), Apel Bludru (Diospiros Rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata Ireigfost), Ruser (Arthocarpus Sp), Lobi-Lobi (Flacouritia Inermis Roxb), Keben (Baringtonia Asiatica) dan masih banyak lagi jenis flora langka lainnya. Sedangkan untuk fauna ada Rusa, Menjangan, Ayam Hutan, Buaya, burung elang dan masih ada beberapa jenis fauna lainnya.

kolam-satwa

Foto: kyailanggeng.com

satwa-2 satwa-3

Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng memiliki cuaca yang cukup sejuk dikarenakan lokasinya yang berada di daerah kaki gunung Merapi dan gunung Sumbing, dari sini kita dapat melihat area persawahan yang hijau serta perbukitan yang berjejer rapi. Selain itu kita juga dapat menikmati keindahan alam pegunungan antara lain Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah Barat serta Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di sebelah Timur.

Selepas menikmati panorama wisata Taman Kyai Langgeng, kita dapat melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lain yang tidak jauh dari tempat ini yaitu Obyek Wisata Sejarah yaitu Candi Borobudur yang hanya berjarak sekitar 20 Km.

 

Selamat berwisata..

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*