Home / Indonesia / Taman Nasional Gunung Ciremai-Menyatu Dengan Alam Majalengka

Taman Nasional Gunung Ciremai-Menyatu Dengan Alam Majalengka

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Taman Nasional Gunung Ciremai-Menyatu Dengan Alam Majalengka. Merupakan hutan lindung yang kemudian dialihkan menjadi taman nasional. Terhitung sejak tanggal 19 Oktober 2004 berdasarkan SK Menhut RI No. 424/Menhut-II/2004. Taman nasional ini berisi berbagai flora dan fauna yang beraneka ragam. Kawasannya mencakup 25 Desa di Kuningan dan 20 Desa di Majalengka. Cukup luas dengan objek wisata menarik di dalam hutan seperti air terjun, lembah hingga telaga.

Begitu memasuki TNGC tidak hanya flora dan fauna yang bisa Anda temukan. Di kawasan seluas 15 hektare ini Anda juga akan menemukan air terjun setinggi 12 meter. Air terjun ini bernama Curug Putri yang mengalirkan air bersih yang menyegarkan. Selain itu juga ada Curug Sawer, Curug Tonjong dan Curug Sabuk. Kemudian ada, Lembah Cilengkrang, Telaga Remis.


Kemudian pada jalur Palutungan, Anda bisa memulai perjalanan dari Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan denga  jarak tempuh 9,8 km. Di sepanjang jalur pendakian ini tersedia pos tiket, pos jaga, shelter, papan petunjuk dan juga papan larangan.



Dan terakhir jalur Apuy, Anda bisa memulainya dari Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka dengan jarak tempuh sejauh 8 km. Di sepanjang jalur pendakian ini tersedia pos tiket, pos jaga, shelter, papan petunjuk dan juga papan larangan.



Meski perjalanan begitu melelahkan, namun semua perjuangan Anda akan terbayar dengan sajian landscape alam yang begitu mempesona. Pepohonan yang rindang akanselalu menaungi jalan Anda dan juga memberi Anda udara yang bersih.  Rute yang meliputi tanjakan, turunan, batuan terjal bahkan semak belukar akan memberikan sensasi yang luar biasa bagi Anda yang suka berpetualang.

Selain itu, di sepanjang perjalanan menuju puncaknya Anda juga akan menemukan banyak tempat wisata alam yang tersembunyi di balik hutan yang rindang tersebut. Anda bisa singgah bahkan Anda juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di kawasan tersebut.

Sebagai tempat wisata yang unik dan menarik, memberikan tantangan yang besar , menguji adrenain bagi pencinta alam.

Alamat: Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Rute:

-Dari Bandung (135 km, 4 jam 15 menit)>Jl. Jend. A. Yani>Jl. Laswi>Jl. Pelajar Pejuang 45>Jl. Terusan Buah Batu>Jl. Tol Padaleunyi>Jl. Nasional III>Jalan Nanggeleng - Cirahayu>Jl. Cikijing-Panjalu>Jalan Raya Cikijing - Talaga>Jalan Desa Banjaransari>Balai Taman Nasional Gn. Ciremai, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

-Dari Majalengka (38 km, 1 jam 20 menit)>Jalan Sukaraja Wetan/Jl. Sukaraja>Jl. Jatiwangi - Majalengka>Jl. Majalengka - Cikijing>Tegalsari-Sagara>Jalan Sukasari Kidul>Talaga Sangiang>Balai Taman Nasional Gn. Ciremai, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Babakanmulya, Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

 

Tips Berwisata Taman Nasional Gunung Ciremai:

-Jaga kebersihan.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Sebaiknya jangan mendaki pada musim huja.

-Bawa bekal yang cukup terutama minuman agar tidak dehidrasi.

-Istirahat jika badan terasa lelah.

-Pastikan ijin dahulu jika hendak mendirikan tenda.

Selamat Berwisata...

 






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*