Home / Indonesia / Taman Nasional Kutai-Menengok Flora Dan Fauna Yang Hampir Punah
Tempat Wisata Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai-Menengok Flora Dan Fauna Yang Hampir Punah

Sebelum Menjadi Taman Nasional

Sebelum menjadi Taman Nasional, tempat ini dahulu merupakan Suaka Margasatwa Kutai.
Luas wilayah sekitar 306.000 hektar. Atas dasar SK Hindia Belanda dan Pemerintah Kerajaan Kutai di tahun 1934. Selanjutnya pada tahun 1982 kawasan ini berubah statusnya melalui SK Menteri Pertanian dengan luas wilayah yang mengalami pengurangan, yaitu 200.000 hektar. Kawasan ini kemudian ditetapkan sebagai Taman Nasional Kutai melalui SK Menteri Kehutanan pada tahun 1995.

Taman Nasional Kutai merupakan obyek wisata alam yang didalamnya terdapat kehidupan flora dan fauna yang langka serta dilindungi. Tempat wisata ini secara administratif terletak  di beberapa wilayah kecamatan yaitu :
– Kecamatan Bontang Utara,
– Bontang Selatan,
– Muara Badak dan
– Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Timur

Provinsi Kalimantan Timur.



Tempat Wisata Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai dalam pengelolaannya bekerja sama dengan beberapa perusahaan yaitu PT. Kaltim Prima Coal, PT. Pupuk Kaltim, PT. Badak LNG, dan Pertamina (Mitra Kutai). Perusahaan Mitra Kutai ini memberikan bantuan pendanaan dan pelaksanaan pelestarian taman nasional tersebut.

Akses menuju Taman Nasional Kutai

Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Kota Samarinda yang berjarak sekitar 120 Km atau bila dari Kota Balikpapan dapat kita tempuh dengan waktu sekitar 6 jam yang berjarak sekitar 240 Km. Taman Nasional Kutai yang mempunyai panorama alam cukup memukau memiliki luas wilayah sekitar 198.629 hektar.

Bila kita ingin ke Taman Nasional ini dari Kota Balikpapan kita dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju Samarinda dengan waktu sekitar 2,5 jam selanjutnya kita ke Bontang dengan waktu sekitar 3 Jam perjalanan. Sesampai di Kota Bontang kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speed boat ke Teluk Kaba yang juga merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Kutai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai

Untuk masuk ke Lokasi Taman Nasional, kita harus melapor terlebih dahulu ke aula TNK di jalan Awang Long, Pos I, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di jalan Dr Sutomo No. S-27 Swarga Bara, Sangatta untuk mendapatkan Izin Masuk ke Kawasan Konservasi. Kita juga akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 1.500,- untuk pengunjung lokal dan Rp. 15.000,- untuk pengunjung mancanegara.




Kawasan tempat wisata ini berada di perbukitan dan bergelombang dengan ketinggian sekitar 398 m di atas permukaan laut, secara keseluruhan terdapat 60 buah bukit dengan bukit T42 sebagai bukit yang paing tinggi. Di tempat ini kita akan melihat berbagai tipe hutan yaitu utan pantai/mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur, dan hutan campuran.

Di samping itu kita juga dapat menemukan beberapa tumbuhan seperti bakau, tanjung, cemara laut, simpur, meranti, ulin, bunga raflesia dan berbagai jenis anggrek hutan yang dilindungi. Untuk pohon ulin yang terdapat di Taman Nasional ini merupakan pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia dengan ukuran tinggi cabang 45 m, diameter 225 cm dan keliling batang 706 cm. Selain kehidupan floranya di sini kita juga dapat melihat kehidupan faunanya yaitu orang utan, owa Kalimantan, bekantan, kera ekor panjang, beruk, kukang, rusa, kijang dan masih banyak lagi lainnya.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai

Selain menikmati keindahan dan keanekaragaman flora, fauna, di taman ini kita juga dapat berkunjung ke museum mata uang kuno. Di Mueum ini kita bisa melihat-lihat koleksi mata uang yang dulu digunakan pada zaman pemerintahan Hindia Belanda, Jepang dan Indonesia merdeka. Kita juga dapat menikmati wisata goa serta wisata bahari yang ada di kawasan ini yaitu di Goa Lobang Angin, Teluk Kaba dan Teluk Lombok.

Fasilitas

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh kita dapat menemukan Kios Souvenir di aula Taman Nasional Kutai. Kios ini menjual berbagai souvenir berupa gantungan kunci, t-shirt dan lainnya. Di kawasan ini terdapat juga beberapa penginapan atau pondokan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, biasanya para pengunjung yang datang ke tempat ini melakukan wisata selama lebih 1 hari.

Bila kita telah puas menikmati alam wisata di Taman Nasional Kutai kita dapat melanjutkan wisata ke obyek wisata Danau Jempang yang berada di daerah Kutai Barat yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Samarinda.

 

Lokasi:

Sangatta Sel., Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur 75683, Indonesia

 






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat