Home / Indonesia / Taman Nasional Teluk Cendrawasih-Menikmati Pesona Tersembunyi Milik Papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih-Menikmati Pesona Tersembunyi Milik Papua

Mempunyai luas 1.453.500 hektar berupa 90% perairan. Memiliki potensi bawah laut yang indah, ada 196 molusca  dan 209 jenis ikan yang menawan. TN Teluk Cendrawasih ini diresmikan pada tahun1993 oleh Kementrian Kehutanan menjadi konservasi terbesar dan terluas di Indonesia. Di kawasan ini juga terdapat banyak pulau yang bisa Anda kunjungi seperti Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan masih banyak lagi pulau-pulau indah yang sayang untuk dilewatkan. Baik panorama alam maupun panorama laut, semua menyuguhkan pesona yang mempesona. Hal inilah yang mampu menarik minat para wisatawan untuk berwisata ke Papua.

b

 

Tempat wisata ini secara administratif berada di dua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire. Taman nasional ini juga menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan LSM dalam dan luar negeri.

Di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga terdapat goa yang mengalir sumber air panas yang mengandung belerang. Goa ini mempunyai kedalaman sekitar 100 kaki di Tanjung Mangguar. Goa alam ini merupakan goa peninggalan zaman purba ada abad ke 18.

Pulau Rumberpon, disini Anda akan menemukan lokasi pengamatan satwa (burung), penangkaran rusa, wisata bahari, snorkeling dan kerangka pesawat tempur yang jatuh di laut.

Pulau Nusrowi, Anda bisa melakukan snorkeling, wisata bahari dan pengamatan satwa.

Pulau Mioswaar, Anda akan menemukan sumber air panas yang mengandung belerang, air terjun, snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya.

Pulau Yoop perairan Wondesi, Anda bisa melakukan pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba.

Pulau Roon, tempat pengamatan satwa burung, menyelam, snorkeling, air terjun, wisata budaya dan gereja tua.

Hijaunya panorama alam dengan birunya laut Papua akan semakin menambah kekaguman kita pada Taman Nasional yang satu ini. Terlebih lagi jika kita menyelam ke dalam lautnya yang kaya, kita akan dibuat lebih kagum dengan pesona bawah lautnya yang menjadi primadona Papua. Penduduknya yang ramah juga akan membuat kita betah berlama-lama di Papua. Jika kita tidak ingin menyelam kita juga bisa melihat panorama bawah laut di terowongan bawah laut yang disekat dengan dinding kaca. dari sini kita bisa melihat panorama bawah laut termasuk aktifitas penghuninya tanpa harus menyelam.

a

tntntc

Di zaman era modern ini Papua masih bertahan dengan adat istiadat nenek moyangnya. Jadi jangan kaget jika melihat orang Papua yang dominan menggunakan pakaian adat dan dengan keseharian yang berbeda dengan manusia zaman modern sekarang. Meski begitu penduduknya sangat ramah terhadap wisatawan yang datang ke Papua.

Fasilitas penginapan, rumah makan, cafe, bar dan sarana berkomunikasi telah tersedia bagi para wisatawan yang bermalam di kota Manokwari atau Nabire. Sedangkan fasilitas yang ada di Balai Taman Nasional yang bisa menunjang kegiatan pengunjung berupa speedboat, radio komunikasi SSB, pondok wisata, pondok jaga dan pondok kerja serta ada juga home stay milik masyarakat setempat. Alternatif lain bagi pengunjung yang akan bermalam di kawasan Taman Nasional dapat membawa peralatan camping atau menginap di rumah- rumah penduduk.

TNTC-3

Dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Jayapura, Honolulu, dan Darwin menggunakan pesawat terbang menuju Biak. Dari Biak kemudian melanjutkan penerbangan ke Manokwari atau Nabire. Dari Manokwari menuju Kecamatan Ransiki dengan kendaraan darat. Kemudian dilanjutkan naik motorboat sekitar 2,5 jam.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat