Home / Indonesia / TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG

Taman Nasional Way Kambas adalah obyek wisata alam dengan mayoritas di dalamnya kita akan melihat berbagai atraksi dan kehidupan alamiah binatang khususnya Gajah. Taman Nasional ini terletak ujung selatan Pulau Sumatera, tepatnya di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

gajah-lampung-023

Foto: indonesia-tourism.com

Pada tahun 1989, tempat ini di tunjuk sebagai Taman Nasional melalui SK Menteri Kehutanan SK No. 14/Menhut- II/1989, kemudian ditetapkan melalui SK Menteri Kehutanan SK No. 670/Kpts-II/1999.

Akses Menuju Taman Nasional Way Kambas

Untuk menuju Taman Nasional Way Kambas ini ada beberapa cara yaitu yang pertama yaitu dari Pelabuhan Bakaheuni – Labuan Meringgai – Way Kambas membutuhkan waktu sekitar 2 jam yang kedua dari Bandar Lampung – Metro – Way Jepara sekitar 2 jam dengan jarak 112 Km, yang ketiga yaitu dari Branti – Metro – Way Jepara sekitar 1 jam 30 Menit dengan jarak 100 Km selanjutnya bila dari Bakauheni-Panjang-Sribawono-Way Jepara sekitar 3 jam dengan jarak 170 km.

Foto: myredburn.com

Foto: myredburn.com

Taman Nasional ini memiliki cakupan wilayah yang cukup luas yaitu sekitar 1.300 Km² yang merupakan dataran rendah.

Taman Nasional Way Kambas dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum. Bila kita dengan kendaraan pribadi rute yang diambil ke arah Kota Bumi Utara selanjutnya kita cukup mengikuti petunjuk arah dengan tanda gambar gajah untuk sampai di Taman Nasional Way Kambas. Namun bila kita menggunakan angkutan umum, pertama-tama kita naik angkutan dari Terminal Raja Basa ke arah Way Jepara di Bandar Lampung sekedar informasi waktu operasional Angkutan umum tersebut yaitu sampai jam 15.00, selanjutnya turun di Gajah Batu di desa Rajabasa Lama – Way Jepara, kemudian naik ojek ke Way Kanan atau Pusat Pelatihan Gajah yang merupakan pintu masuk Taman Nasional ini.

Foto: newsdale.ru

Foto: newsdale.ru

Foto: travel-lampung.com

Foto: travel-lampung.com

Memasuki Taman Nasional kita akan melintasi semak belukar dan pepohonan yang tumbuh layaknya hutan belantara. Pepohonannya seperti Api-api (Avicenia marina), Pidada (Sonneratia sp.), Nipah (Nypa fructicans), gelam (Melaleuca leucadendron), Salam (Eugenia polyantha), Rawang (Glocchidion boornensis), Ketapang (Terminalia cattapa), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Pandan (Pandanus sp.), Puspa (Schima walichii), Meranti (Shorea sp.), Minyak (Diptorecapus gracilis), Merbau (Instsia sp.), Pulai (Alstonia angustiloba), Bayur (Pterospermum javanicum), Keruing (Dipterocarpus sp.), Laban (Vitex pubescens) dan lain-lain.

Taman Nasional Way Kambas tidak hanya menjadi rumah bagi binatang Gajah tapi didalamnya terdapat juga berbagai hewan yang menjadi obyek penelitian dan pelestarian, seperti Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Beruang madu (Helarctos malayanus), Anjing hutan (Cuon alpinus), Rusa (Cervus unicolor), Ayam hutan (Gallus gallus), Rangkong (Buceros sp.), Owa (Hylobates moloch), Lutung Merah (Presbytis rubicunda), Siamang (Hylobates syndactylus), Bebek Hutan (Cairina scutulata), Burung Pecuk Ular (Anhinga melanogaster), bila kita beruntung kita akan dapat melihat beberapa hewan ini.

Foto: elouratour.com

Foto: elouratour.com

Di tempat ini juga terdapat pusat pelatihan gajah yang tidak jauh dari Pintu Gerbang, para pengunjung akan dapat melihat atraksi menarik dari beberapa gajah yang sudah terlatih. Atraksi tersebut antara lain gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya.

Foto: nyokabar.com

Foto: nyokabar.com

Harga Tiket Masuk dan Biaya Akomodasi

Adapun harga tiket masuk ke taman ini yaitu sebesar Rp. 20.000,- per orang dan dibuka setiap hari.

Bila kita ingin menginap, di tempat ini telah disediakan tempat penginapan yaitu di Way Kanan Resort. Dengan tarif kamar Rp. 200.000,- per kamar, resort ini juga menyediakan tour sepanjang sungai yang menggunakan perahu motor berkapasitas maksimum 6-7 orang, dengan harga mulai dari Rp 750rb hingga Rp 1.5 jt.

Selain di Way Kanan di tempat pelatihan gajah pun disediakan tempat penginapan dengan kondisi penginapan terbuat dari rumah kayu. Di tempat penginapan ini kita akan dapat melihat dengan mudah aktifitas gajah yang sedang di latih dan yang sedang mandi. Harga penginapan ini yaitu sebesar Rp. 200.000,- per malam dengan kapasitas maksimal 4 orang.

Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas ini akan menambah pengetahuan kita mengenai kehidupan flora dan fauna yang tidak akan kita temui di kota-kota besar. Terutama kehidupan gajah yang ternyata memiliki aktivitas unik dan pertunjukan yang menghibur. Untuk itu jangan lupa untuk menyempatkan waktu ke Taman Nasional ini bila sedang berada di Kota Lampung.

Di Kota Lampung selain Taman Nasional Way Kambas, juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik dikunjungi, seperti Pantai Pasir Putih yang terdapat tidak jauh dari Kota Lampung yaitu sekitar 20 Km.

Foto: explorelampung.wordpress.com

Foto: explorelampung.wordpress.com

 

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Jl. Raya Way Jepara Labuan Ratu Lama, Lampung

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*