Home / Indonesia / Taman Sri Baduga Purwakarta-Air Mancur Menari Berpadu Dengan Laser Dan Efek Api

Taman Sri Baduga Purwakarta-Air Mancur Menari Berpadu Dengan Laser Dan Efek Api

homepageDulu pertunjukan seni dan laser air hanya ada di negara-negara maju (Dubai, Singapura dan Tiongkok) saja seperti Singapura dengan pertujukan Wings Of Time. Namun, seiring berjalannya waktu Indonesia tampaknya juga tidak mau kalah dengan negara-negara lainnya. Bahkan kini Indonesia sudah mempunyai pertunjukan seni dan laser air bernama Taman Air Mancur Sri Baduga tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur yang dipadukan dengan musik dan lampu laser ini diklaim yang terbesar dan terindah se-Asia Tenggara.

air-mancur-1-640x426 air2

Adapun arsitek dari Taman Air Mancur Sri Baduga ini tak lain adalah Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi. Taman Sri Baduga ini berada di kawasan Situ Buleud seluas 4 hektar. Air mancur ini mampu menari mengikuti alunan musik dengan laser dan efek api yang berwarna-warni. Gerakan air mancur tergantung pada alunan musik yang diputar. Jika musik cepat air mancur menari dengan lincah dan jika musik lambat air mancur menari dengan gemulai. Objek wisata yang mempesona bagi semua kalangan baik anak-anak, anak muda, orang dewasa sampai orang tua. Selain pertunjukan air mancur yang menari di Taman Sri Baduga juga ada pertunjukan musik, drama dan tari yang dipadukan dengan air mancur dan light effect dibelakangnya.

sri2

Penampilan Seni Tari dan Air Mancur saat Peresmian Tahap II Sri Baduga di Taman Sri baduga, Sabtu (09-01-2016)

Air mancur setinggi 6 meter dan 2 meter saling melenggak-lenggok menari beradu indah dengan light effect yang semakin membuat tarian air mancur semakin berwarna. Menikmati panorama air mancur setelah seharian lelah bekerja sepertinya akan menambah kesegaran baru. Namun, pertunjukan air yang mampu menarik ribuan pengunjung ini sayangnya tidak dibuka setiap hari. Hanya pada hari Sabtu malam dari pukul 20.00 sampai pukul 22.00 WIB. Pada hari biasa kita hanya bisa menikmati air mancur tanpa pertunjukan apapun. Meski tanpa pertunjukan namun, Taman Sri Baduga setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Lantaran tempatnya yang nyaman dan sangat cocok untuk menikmati suasana malam.

1942568IMG-20170218-205208780x390

Air mancur ini seluas 1,8 hektar, mampu menampung 15.000 penonton dalam 3 kali pertunjukan. Setiap 25 menit sekali, pertunjukan selesai dan diberi jeda untuk pergantian penonton. Setelah itu baru pertunjukan akan dimulai kembali. Itulah mengapa air mancur ini diklaim sebagai air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Di kawasan objek wisata ini juga dilengkapi dengan wifi gratis agar semua pengunjung bisa membantu mempromosikan Taman Sri Baduga melalui unggahan foto maupun postingan di media sosial. Sehingga ke depannya Taman Sri Baduga akan menjadi terkenal di mata nusantara maupun di mata dunia.

homepage

Di kawasan Taman Sri Baduga juga sudah mulai banyak warung-warung yang semakin melengkapi kenyamanan pengunjung. Dibangunnya objek wisata ini memang tujuan utamanya untuk mendorong ekonomi, memberdayakan masyarakat agar mempunyai penghasilan. Dan terbukti dengan adanya Taman sri Baduga membuat kesejahteraan masyarakat semakin tertata dan masyarakat bisa memanfaatkan potensi usaha yang disediakan pemerintah. Meski menghabiskan dana puluhan juta setiap kali pertunjukan namun, hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan para masyarakat bisa mendapatkan omzet yang banyak dari berdagang di kawasan objek wisata ini.

maxresdefault

Meski sudah dibangun sejak tahun 2013 dan sudah menginjak peresmian tahan ke tiga pada 18 Februari 2017. Sudah berhasil menarik ribuan pengunjung dari berbagai kota maupun negara. Namun, Taman Sri Baduga masih terus mengadakan upaya untuk semakin menggembangkan Taman Sri Baduga. Dulunya hanya danau biasa, dan pemerintah mengadakan penambahan air mancur, panggung pertunjukan, tempat bagi penonton, laser air, efek api dan kini pemerintah juga masih mengupayakan pembangunannya untuk semakin mempercantik Taman Sri Baduga.

Penampilan Seni Tari dan Air Mancur saat Peresmian Tahap II Sri Baduga di Taman Sri baduga, Sabtu (09-01-2016)

srii

sriapi

Karena berada di pusat Kota Purwakarta sehingga bisa ditempuh dengan berbagai akses transportasi seperti kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

SRI-BADUGA-8

 

Fasilitas: Free Wifi, tribun penonton, 3 pintu masuk, sesi pertunjukan. Penginapan, warung, toko, outlet

HTM: gratis

 

Lokasi: Taman Sri Baduga, Situ Buleud

Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Negeri Kidul, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat 41111, Indonesia

Jam Buka:

Senin-Jumat: 06.00-09.00 WIB dan 15.30-18.00 WIB.

Sabtu: 20.00-22.00 WIB

Rute:

Kendaraan Pribadi:

Dari Jakarta, Tol Jakarta-Cikampek-Tol Cipularang-keluar Tol Jatiluhur-Jl. Ciganea-Jl. Basuki Rahmat-Jl. Siliwangi-Jl. K.K. Singawinata-Taman Sri Baduga

Kendaraan Umum:

-Naik bus dari Terminal Kampung Rambutan-Purwakarta-turun di Terminal Ciganea-naik angkot jurusan Ciganea-Simpang-turun di Jl. K.K. Singanata-Taman Sri Baduga

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat