Iklan Gratis
Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Tebing Keraton-Menikmati Keindahan Pemandangan Kota Bandung Dari Atas Tebing Yang Tinggi

Tebing Keraton-Menikmati Keindahan Pemandangan Kota Bandung Dari Atas Tebing Yang Tinggi

Tebing Keraton-Menikmati Keindahan Pemandangan Kota Bandung Dari Atas Tebing Yang Tinggi

Bandung selalu mempunyai hal yang menjadi viral di media social baik dari segi wisata maupun kulinernya. Seperti wisata alam Tebing Keraton yang sedang ramai diperbincangkan di dunia maya. Tebing Keraton sendiri letaknya berada di dataran tinggi Bandung, butuh perjuangan untuk sampai disana. Namun, hal itu tidak menyurutkan para wisatwan khususnya para pecinta alam. Apapun yang menjadi halangan untuk menuju ke Tebing Keraton tidak menjadi masalah bagi mereka demi mendapatkan keindahan yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

 



Foto: meyosef.wordpress.com

Foto: meyosef.wordpress.com

Tebing Keraton berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial sekitar 13 km dari pusat kota Bandung. Tebing Keraton ini ditemukan oleh Pak Asep pada tahun 2014. Yang kemudian diberi nama Tebing Keraton, berasala dari bahasa Sunda “Tebing Karaton” yang artinya kemegahan alam. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca di papan informasi yang berada di kawasan Tebing Keraton.

Foto: wisatalova.com

Foto: wisatalova.com

Tebing ini berada di ketinggia 1.200 mdpl, suhunya terasa dingin terlebih lagi saat hari masih pagi dan masih diselimuti kabut tebal. Dari ketinggian ini kita bisa melihat panorama indah kota Bandung berupa dataran tinggi dengan hijaunya hutan raya yang membentang luas. Tebing Keraton tepat berada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda). Sehingga kita bisa melihat pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar hijau dan menyejukkan mata. Sejauh mata memandang, panorama berbagai macam pepohonan yang tumbuh di Tahura Djuanda tak henti-hentinya memanjakan mata kita, pedesaan, dan beberapa gunung yang tinggi menjulang di kejauhan.. Terlebih lagi jika kita datang pada waktu matahari terbit maupun matahari terbenam, pemandangan akan semakin indah dengan adanya sinar matahari yang bersinar kekuningan diantara lebatnya hutan raya dibalik gunung yang berbalut kabut.

Foto: ubermoon.me

Foto: ubermoon.me




 

Tebing Keraton

Meski medan untuk menempuhnya terbilang sangat berat dan sudah namun, hal itu tidak pernah menyurutkan wisatawan yang ingin membuktikan keindahan Tebing Keraton. Wisatawan percaya bahwa perjuangannya akan terbayarkan dengan keindahan yang akan didapatkannya setelah sampai di puncak. Dan benar saja begitu sampai, kita benar-benar akan terkagum-kagum melihat panorama indah. Tidak ada kata-kata yang bisa terucap saking indahnya. Tak heran jika para wisatawan selalu mengambil momen berharga tersebut dengan kameranya. Melelahkan namun, hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

TK14

Foto: setyawinnie.com

dsc_0124

Setiap harinya, Tebing Keraton tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih lagi saat akhir pekan dan hari libur, pengunjung semakin memadati kawasan wisata tersebut. Berkat mereka, semakin banyak postingan foto di Tebing Keraton yang semakin menarik perhatian banyak orang.

Foto: advjourney.com

Foto: advjourney.com

 



Selain itu, setelah Tebing Keraton mendapat perhatian dari pemerintah setempat kini di sekitar kawasan tersebut mulai diberi gardu pandang, pagar disekitarnya untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Dan sudah dilakukan banyak renovasi untuk memperindah kawasan tersebut demi kenyaman pengunjung. Mulai banyak juga cafe unik bernuansa alam cara menikmati panorama Tahura Djuanda dengan cara unik. Cafe-cafe tersebut kini sudah mulai didirikan dan pesona pemandangannya pun juga tak kalah dengan Tebing Keraton.

Foto: infobdg.com

Foto: infobdg.com

Cafe unik di bandung 4

 

Adapun rute menuju Tebing Keraton, dari pusat kota Bandung, ambillah arah ke Dago Pakar-Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sampai di pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, ambil jaluk ke kanan. kita akan melewati rumah-rumah dan perkampungan. Setelah itu kita akan sampai di sebuah warban atau “Warung Bandrek”. Lanjut berjalan ke pos atas melewati jalan yang menanjak dan berbatu. Sampai di pos atas, kita memarkirkan kendaraan kemudian melanjutkan perjalanan menuju puncak tebing dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Foto: brilio.net

Foto: brilio.net

 




 

Tips saat berwisata ke Tebing Keraton:

  1. Pakailah pakaian tebal maupun jaket karena udaranya sangat dingin.
  2. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena lokasi tebing jauh dari warung.
  3. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku.
  5. Pastikan kendaraan kita dalam keadaan baik dan bahan bakar mencukupi karena disini jauh dari bengkel maupun SPBU.
  6. Selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara karena sebagian jalannya belum begitu bagus.
  7. Selalu waspada dan hati-hati saat berada di kawasan Tebing Keraton karena sangat tebingnya sangat curam dengan tekstur tanah yang berpasir.
  8. Sebaiknya datang di musim kemarau, karena saat musim hujan jalanannya akan sangat licin.

 

HTM: Rp11.000,-

Parkir: motor Rp5.000,- dan mobil Rp10.000,-

Jam Buka: 05.00-18.00 WIB

Lokasi Tebing Keraton:

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat, Indonesia

 

Selamat Berwisata…

 






 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat