Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Tempat Wisata Edukasi Jogja Yang Seru Dan Menyenangkan

Tempat Wisata Edukasi Jogja Yang Seru Dan Menyenangkan

Tempat Wisata Edukasi Jogja Yang Seru Dan Menyenangkan

Yogyakarta merupakan kota pelajar yang mempunyai potensi pada pariwisatanya. Wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, wisata bermain hingga wisata-wisata yang sarat akan edukasi. Wisata edukasi yang ada rata-rata dipadukan bersama wahana-wahana permainan sehingga, pengunjung yang datang bisa belajar sambil bermain.

 

1. Monumen Jogja Kembali MONJALI)

Monumen Jogja Kembali merupakan museum bersejarah yang berada di Yogyakarta. Menyimpan berbagai macam benda dan cerita sejarah yang tersimpan dengan rapi. Penuh dengan peninggalan-peninggalan sejarah perjuangan kemerdekaan RI hingga sejarah Jogja kembali. Selain wisata sejarah, di kawasan MONJALI juga terdapat Taman Pelangi yang akan semakin melengkapi perjalanan pengunjung.

Lokasi: Jalan Ring Road Utara, Sari Harjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

 




2. Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan merupakan desa sentral pengrajin gerabah yang berada di Kasongan, Bantul. Kasongan tidak hanya menjadi pusat mencari gerabah namun juga menyediakan fasilitas belajar membuat gerabah bagi para pengunjung. Hal tersebut menarik perhatian pengunjung sehingga, Kasongan selalu ramai. Setelah membuat kerajinan gerabah kemudian pengunjung bisa berkeliling desa untuk menelusuri lebih dalam mengenai kesenian yang ada di Kasongan.

Lokasi: Kasongan, Kasihan, Tirtonirmolo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 

3. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga merupakan museum mainan anak yang menyimpan berbagai macam koleksi anak dari zaman dulu hingga sekarang. Tidak hanya anak-anak saja, pengunjung dewasa juga kerap ditemui mungkin mereka nostalgia dengan mainan sewaktu kecil.

Lokasi: Jalan Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

 

4. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan tempat wisata yang penuh edukasi bagi keluarga, anak-anak khususnya. Berbagai wawasan dan pengetahuan dikemas dengan wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Taman Pintar memberi berbagai pelayanan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Berbagai wahana di Taman Pintar sudah menggunakan teknologi digital yang modern.

Lokasi: Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 

 

5. Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala merupakan museum penerbangan yang berada di Pangkalan Udara Adi Sudjipto Yogyakarta. Berbagai macam koleksi kendaraan udara bisa ditemukan di Museum Dirgantara Mandala. Sejarah penerbangan Indonesia juga tersimpan dengan rapi. Selain menambah wawasan pengunjung juga bisa berfoto ria dengan pose mengudara.

Lokasi: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.




6. Kampung Dolanan Pandes

Kampung Dolanan Pandes merupakan kampung yang masih memegang erat kesenian mainan tradisional. Pengunjung bisa berkreasi membuat mainan tradisional. Selain itu, bisa juga bernostalgia masa kecil. Jika ingin membeli mainan Kampung Dolanan Pandes punya berbagai macam mainan yang unik dengan harga yang terjangkau. Dulunya kampung ini dibuat untuk mengobati trauma anak-anak Jogja pasca gempa 2006 yang memporak-porandakan Kota Yogyakarta.

Lokasi: Jalan Tembus Pandes, Panggungharjo, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*