Iklan Gratis
Home / Indonesia / Tempat Wisata Lombok Yang Menarik Wisatawan
Tempat Wisata Gili Trawangan Lombok

Tempat Wisata Lombok Yang Menarik Wisatawan

Akhir-akhir ini Lombok menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun pun luar negeri. Meski wilayahnya tidak begitu luas namun, kekayaan alamnya begitu indah di setiap sudut wilayah yang identik dengan gili tersebut. Lombok mempunyai banyak pulau kecil yang cantik dan Tempat Wisata yang menarik, juga berbagai wisata lain yang tak kalah indahnya.

Berikut ada beberapa tempat wisata Lombok yang bisa Anda kunjungi:


1.Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan, objek wisata Pulau Lombok yang mempunyai pesona laut jernih dengan berbagai panorama alam yang masih alami. Udara di Gili Trawangan juga benar-benar bebas polusi karena di adanya larangan menggunakan kendaraan bermotor. Sehingga hal tersebut semakin menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau cantik yang mempunyai 2 saudara yang tidak kalah indah ini. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar diantara 3 Pulau di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili air dan Gili Meno.

Masing-masing pulau mempunyai destinasi wisata yang indah mulai dari pantai, air terjun, pegunungan sampai kuliner. Setiap harinya Gili Trawangan selalu ramai wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Hal tersebut semakin mendorong pengadaan fasilitas-fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Meski jauh diseberang pulau namun, sensasinya akan membuat siapa saja enggan untuk beranjak dari Gili Trawangan. Dari kawasan pantainya yang jernih kita bisa melihat apa yang ada di dalamnya.

gili-island-indonesia-lombok

Pulau Gili Trawangan ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kita bisa menempuhnya dari Pulau Lombok maupun dari Pulau Bali. Pulau ini membentang sepanjang 3 km dengan lebar 2 km. Pulau ini mempunyai fasilitas scuba diving dan snorkeling yang sudah berlisensi  internasioanal. Sehingga, kita akan dengan mudahnya mendapat panduan dan penyewaan alat. Pulau ini juga dikenal banyak mempunyai spot diving yang mempunyai keunikan tersendiri. Tak perlu menyelam jauh ke dalam lautnya, di pantai kita sudah bisa melihat panorama lautnya. Hamparan pasir putih dengan laut biru jernih, dari pantai kita sudah bisa melihat panorama bawah lautnya yang kaya akan biota laut. Berbagai ikan yang berwarna-warni berlalu lalang diantara terumbu karang yang semakin melengkapi keindahannya. Selain itu, di pantainya yang luas ini kita juga bisa bermain selancar, bermain kayak, berkuda, berenang, bersepeda,naik cidomo (kereta kuda), olahraga air, mengunjungi konservasi kura-kura, menyaksikan pertunjukan seni maupun sekedar menikmati panorama yang ada sambil menyusuri pantai di Pulau Gili Trawangan.

Setelah puas menikmati pesona dan panorama, kita bisa kembali ke penginapan. Tapi, sebelum kembali kita bisa mampir sebentar ke rumah makan yang menyediakan kuliner khas Lombok seperti Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Selain itu, di Gili Trawangan kita juga bisa menikmati golden time pada saat sunset dan sunrise. Karena pulau ini juga menghadap ke arah Barat dan Timur. Sehingga, saat matahari terbit maupun terbenam kita bisa melihatnya secara langsung. Pesona inilah yang kerap diburu oleh para wisatawan pecinta sunset.

gili-trawangan

 

gili-trawangan-beach-251-copy

Gili Trawangan

 

2. Air Terjun Benang Kelambu

Lombok, siapapun pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang sangat mempesona. Keindahan alam, kekayaan laut juga berbagai objek wisata lain yang mampu menarik minat wisatawan untuk menapakkan kaki di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wisatawan yang berkunjung biasanya tidak akan melewatkan kesempatan menyelam di lautnya yang jernih dan mengunjungi pulau-pulaunya cantik yang belum banyak dijamah wisatawan. Namun, jangan hanya terpaku pada wisata pantai saja, di kaki gunung Lombok juga mempunyai objek wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun yang berasal dari mata air Danau Segara Anak yang berada di kawasan Gunung Rinjani. Air tersebut mengalir dari balik tebing setinggi 30 meter. Di tebing tersebut dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menjuntai seperti tirai hijau raksasa sehingga, air terlihat seperti keluar dari tumbuhan yang rimbun. Dinamakan Air Terjun Benang Kelambu karena, pada dasarnya air terjun yang menyembul dari balik tumbuhan tersebut alirannya sangat teratur menyerupai sekumpulan benang yang sekilas terlihat seperti kelambu berwarna putih.

Perlu diketahui, untuk menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu kita harus menempuh perjalanan yang sedikit jauh. Dari Loket pembayaran kita memarkirkan kendaraan terlebih dahulu, kemudian kita akan menyusuri jalan di hutan yang rimbun. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh panorama alam yang indah. Tampak dari kejauhan terlihat kegagahan Gunung Rinjani. Di sekitarnya terdapat pepohonan hijau dan semak-semak yang semakin mempercantik hutan. Selain itu juga terdapat beberapa air terjun kecil yang tak kalah menarik. Tak terasa perjalanan kita sudah sejauh 500 meter. Sayup-sayup terdengar gemuruh air terjun, namun itu bukan air terjun yang akan kita tuju. Itu merupakan Air Terjun Benang Setokel. Air terjun setinggi 20 meter dengan 2 aliran yang mengalir dari balik tebing. Di bawahnya terdapat kolam penampungan yang cukup besar. Kita bisa mampir sebentar menikmati keindahannya.

 

 

Air Terjun Benang Kelambu

 




 

3. Pantai Kuta

Bukan hanya di Bali saja ternyata Pulau Lombok juga mempunyai objek wisata Pantai Kuta yang tak kalah menarik. Berbeda dengan Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta Bali dijuluki sebagai pantai matahari terbenam karena mempunyai panorama sunset yang paling indah. Lain halnya dengan Pantai Kuta yang ada di Lombok yang mempunyai panorama laut transparan atau tembus pandang. Hal ini dikarenakan jernihnya air laut sehingga, membuat terumbu karang dan pemandangan bawah laut terlihat dari atas permukaan laut.
Di pantai yang cantik ini kita bisa melakukan aktifitas apapun sepuasnya karena, pantainya aman dan tidak berbahaya. Aktifitas yang dapat kita lakukan antara lain snorkeling, selancar, berenang, jet ski dan banana boat. Panoramanya yang indah bisa kita nikmati dengan berbagai cara. Bermain air dan pasir di pinggiran pantai, sekilas kita juga bisa melihat terumbu karang yang indah terpancar dari bawah laut. Berjalan menyusuri pantainya yang super luas atau naik ke atas bukit Mandalika yang ada di sebalah barat Pantai Kuta. Dari Bukit Mandalika pemandangan bawah laut akan semakin terlihat indahnya. Ditambah panorama alam laut dan perbukitan yang berpadu menjadikannya semakin menyegarkan mata.
 

Pantai Kuta

 

4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah obyek wisata alam yang memiliki keindahan tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di daerah lain, banyak pengunjung yang menganggap bahwa pantai ini hampir sama dengan Pantai Kuta yang ada di daerah Bali. Lokasi Pantai Senggigi terletak di sebelah barat laut Kota Mataram Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Memasuki tempat wisata ini kita akan melihat jejeran warung yang berada di pinggir dengan menjajakan berbagai souvenir yaitu kaca mata, topi, kain pantai, kaos, baju pantai, kalung, gantungan kunci dan masih banyak lainnya, namun cirri khas di tempat ini yaitu mutiara dan kain tenun khas Lombok dengan berbagai motif dan warna.

a-pantai-senggigi_2

Sesampai di Pantai kita akan takjub dengan pemandangan alam laut yang begitu indah, dan serasa tidak sabar untuk berenang di bibir pantainya. Di Pantai Senggigi ini disediakan berbagai fasilitas untuk menikmati wisata pantai mulai dari peralatan snorkeling sampai dengan penyewaan ban. Bagi pengunjung yang ingin berenang dan menikmati pemandangan bawah laut , kita dapat menyewa peralatan snorkeling dan diving yang terdapat di tempat ini. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin berwisata di atas lautnya di tempat ini tersedia penyewaan kano dengan harga Rp. 15,000,- dan Ban seharga Rp. 5.000,-. Pengunjung wisata yang tidak ingin berbasah-basahan dapat juga menikmati pemandangan Pantai Senggigi sambil duduk santai di pinggir pantai dengan menggunakan tikar dengan harga sewa sebesar Rp. 5.000,-, terdapat juga tempat duduk santai yang berada di depan sebuah hotel mewah harga sewa tempat duduk santainya sebesar Rp. 30.000,- biasanya digunakan oleh wisatawan mancanegara.

Senggigi Beach, Lombok

Senggigi Beach, Lombok

Pantai Senggigi menawarkan pesona pantai yang khas dan membuat pengunjung betah ke tempat ini, bila beruntung dan cuaca cerah kita dapat melihat dari kejauhan pemandangan Gunung Agung yang terdapat di Pulau Bali. Bila di malam hari biasanya pengunjung juga banyak ke tempat ini, biasanya mereka sambil menikmati suasana pantai dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi mereka juga terkadang mengubur sebagian badannya dengan pasir sampai ke leher selama 2-3 jam, mereka meyakini bahwa terapi tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal linu sampai kelumpuhan.

 

Pantai Senggigi

 






 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat