Iklan Gratis
Home / Indonesia / Tempat Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi. Sumatera memiliki destinasi wisata yang tidak pernah menjemukan untuk dibahas. Banyak destinasi yang bisa menjadi pertimbangan untuk liburan. Pantai-pantai cantik, lembah hijau, gunung tinggi, perbukitan yang asri hingga danau luas yang menawan. Semua destinasi wisata seolah mengundang kita untuk menginjakkan kaki di Pulau Sumatera.

  1. Janjang Saribu

Janjang Saribu atau yang sering dibilang mirip dengan Tembok Raksasa Cina. Janjang Saribu mempunyai anak tangga yang menjuntai dari lembah Ngarai Sianok hingga puncak Janjang saribu. Di sepanjang perjalanan menuju puncak, Anda akan menemukan pemandangan alam yang hijau dan asri. Janjang Saribu berada di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

2. Danau Talang Sumatera Barat

Danau ini berada di kaki Gunung Talang. Pemandangan alam di sekitar danau begitu hijau dan asri yang membuat suasana semakin sejuk. Danau Talang sangat cocok untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga. Keadaannya yang masih sepi dan belum banyak pengunjung membuat Anda merasakan berada di danau sendiri.

Alamat: Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia

 

3. Air Terjun Nyarai

Air terjun ini tersembunyi di dalam Hutan Gamaran Salibutan Lubuk Alung Cagar Alam Nasional Bukit Barisan I. Air terjun setinggi 8 meter tersebut mengalirkan air yang jernih. Tepat di bawahnya terdapat kolam penampungan. Di sebelahnya diapit oleh batu besar yang berdekatan. Suasananya sejuk, udaranya juga sangat segar. Pepohonan sekitarnya pun juga semakin menambah keindahan pemandangan di Air Terjun Nyarai.

Alamat: Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat

 

4. Pantai Carolina

Pantai Carolina menghadap ke Samudera Hindia namun, konturnya yang landai masih ramah bagi wisatawan. Anda pun bisa bermain di bibir pantai sepuasnya, bermain air, bermain pasir, olahraga pantai mau pun berkeliling pantai menggunakan kapal. Pada saat tertentu ombak Pantai carolina juga cocok untuk bermain selancar. Selain itu, Anda juga bisa menyelaminya untuk melihat keindahan bawah laut. Di dalamnya masih terdapat banyak terumbu karang yang masih terjaga keindahannya.

Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat

 

5. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan salah satu obyek wisata yang bentuknya adalah sebuah jam berukuran besar dan berada pada sebuah bangunan menara. Adapun letak Jam gadang ini tepatnya di tengah-tengah Kota Bukit Tinggi – Provinsi Sumatera Barat.

Menara Jam Gadang atau yang disebut juga dengan Jam Besar mempunyai bentuk yang sangat unik dan mirip dengan sebuah monumen. Biasanya para pengunjung yang berkunjung ke tempat ini selain melihat keunikan bangunannya juga biasanya pengunjung berniat untuk naik ke atas menara guna melihat keindahan kota bukit tinggi dari ketinggian.

Alamat: pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat

 

6. Danau Maninjau

Ada pepatah mengatakan “Jika makan pinang, makanlah sirih hijau. Jangan ke Ranah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau.” Pepatah tersebut telah terbukti, keindahan Danau Maninjau tidak bisa dipungkiri begitu saja. Primadona alam Sumatera Barat yang bisa kita nikmati dari sudut mana saja.

Danau Maninjau menjadi sumber air bagi Sungai Batang Sri Antokan yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari bagi masyarakat Minang. Selain memberi kehidupan bagi banyak makhluk, Danau Maninjau juga mempunyai panorama yang sangat mempesona. Dari jauh airnya tampak berwarna kebiruan seperti warna air laut. Keberadaannya yang dikelilingi oleh gunung, perbukitan hijau dan persawahan yang asri membuat setiap mata yang memandang enggan untuk berpaling. Udara yang sejuk, kawasan yang nyaman dan juga penduduk yang ramah akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di Danau Maninjau.

Alamat: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia

 

7. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatra Barat merupakan salah satu masjid terbesar, termegah, termewah dan tahan gempa di Sumatra Barat. Masjid ini berada di persimpanagan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan. Ditetapkan sebagai pusat keagamaan regional untuk penyelenggaraan ibadah umat Islam seperti tabligh akbar, pertemuaan jamaah, peringatan hari besar islam, shalat id dan sholat jumat. Tempatnya yang strategis juga mampu menarik perhatian wisatawan yang tengah melintas. Mereka tidak hanya mampir untuk beribadah namun, juga menyusuri setiap sudut keindahan Masjid Raya Sumatra Barat.

Alamat: Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Alai Parak Kopi, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat

 

8. Pantai Carocok Painan

Di pantai yang cantik ini kita bisa menikmati sunset di sore hari sambil memandang lautan biru dengan perbukitan hijau disekitarnya. Udara sejuk khas pantai dengan berbagai pesonanya yang memanjakan setiap mata yang memandang. Lautnya yang jernih juga memancarkan keindahan terumbu karang yang ada di dalamnya. Di kawasan pantai juga terdapat jembatan yang terdapat gazebo yang berdekatan. Sekilas, Pantai Carocok ini hampir mirip dengan Pantai Maldives. Siapa pun akan betah berlama-lama di pantai yang masih menjadi bagian dari Samudera Hindia ini. Berbagai wahana permainan pantai seperti snorkeling, banana boats dan jetski juga bisa kita nikmati dengan tarif yang cukup terjangkau.

Alamat: Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Sumatera Barat

 

 

Selamat Berwisata…

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*