Iklan Gratis
Home / Indonesia / Tempat Wisata Riau Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Tempat Wisata Riau Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Tempat Wisata Riau Yang Sayang Untuk Dilewatkan. Riau mempunyai potensi wisata yang sangat beragam. Dari wisata alam hingga wisata sejarah, bisa Anda temukan di kawasan Riau. Dengan bangunan khas Melayu yang masih kental dengan budaya klasiknya membuat Riau kini menjadi sorotan wisatawan. Sehingga, wisatawan banyak yang berkinjung ke Riau untuk berwisata.




1. Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura atau Istana Matahari Timur atau Istana Asserayah Hasyimiah merupakan istana kerajaan Islam Melayu terbesar di Riau. Sebagai kediaman resmi Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini mempunyai arsitektur bangunan bercorak Melayu, Eropa dan Timur Tengah. Sekilas bangunannya mirip dengan bangunan yang ada di Kota Marakesh, Maroko. Istana yang megah dan mewah ini berdiri di atas tanah seluas 1 hektar. Istana ini berjarak 101 km dari Pekanbaru atau sekitar 2 jam perjalanan.

Jl. Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau

Istana Siak Sri Inderapura Riau-Menilik Kemegahan Istana Riau Yang Mewah

 

2. Candi Muara Takus

Merupakan salah satu candi bercorak Budha yang ada di Muara Takus, Kecamatan Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Candi Muara takus didirikan sekitar abad ke 5-6. Bahan pembuatannya masih sangat sederhana. Hanya menggunakan batu pasir, batu sungai dan batu bata.

Alamat: Muara Takus, Kecamatan Koto, Kabupaten Kampar, Riau


Candi Muara Takus-Menelisik Candi Bersejarah Yang Ada Di Pekanbaru

 

3.Museum Sang Nila Utama

Pada bagian sejarah, terdapat banyak bangunan kuno berupa istana mewah maupun museum yang berdiri gagah. Salah satu bangunan bersejarah yang menyimpan beragam koleksi peninggalan bangsa Melayu, Museum Sang Nila Utama. Menilik peninggalan sejarah bangsa Melayu.

Museum Sang Nila Utama memiliki lebih dari 4000 koleksi peninggalan sejarah berupa pakaian adat, permainan tradisional, instrumen musik, artefak, maket, dokumen, foto dan berbagai benda sejarah lainnya. Semua benda kolek si museum tersimpan di dalam kaca sehingga, pengunjung tidak bisa menyentuhnya. Museum Sang Nila Utama berdiri di atas tanah seluas 2 hektare. Terdiri dari 2 lantai, mempunyai halaman yang luas dengan lokasi pameran di sekitar museum.

Alamat: Jl. Sudirman No. 194, Pekanbaru

Museum Sang Nila Utama Riau-Menilik Keberadaan Peninggalan Sejarah Bangsa Melayu

 

4. Mega Wisata Ocarina

Jika Jakarta mempunyai Ancol sebagai satu-satunya wisata pantai yang sangat populer, Batam juga punya wisata pantai layaknya Ancol. Wisata pantai ini sering disebut dengan Mega Wisata Ocarina. Ocarina mempunyai luas 40 hektar, berdiri diantara Perumahan Elit Coastarina dan pasir putih. Oscarina mulai resmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2009.

Alamat: Sadai, Bengkong, Batam, Kepulauan Riau





OCARINA ANCOLNYA BATAM

 

5. Jembatan Barelang

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke-8 di dunia yang berada di atas laut. Jembatan menghubungkan BAtam, REmpang, dan gaLANG. Ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie”, karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk fasilitas industri di Kepulauan Riau.

Alamat: Jalan Trans Barelang, Pulau Setokok, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau

JEMBATAN BARELANG BATAM

 

Selamat Berwisata…

 






Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*