Home / Tips / Tips Mudik Lebaran Nyaman dengan Kendaraan Umum maupun Kendaraan Pribadi-IKLAN TRAVEL

Tips Mudik Lebaran Nyaman dengan Kendaraan Umum maupun Kendaraan Pribadi-IKLAN TRAVEL

Tips Mudik Lebaran Nyaman dengan Kendaraan Umum maupun Kendaraan Pribadi

Mudik menjadi agenda rutin tahunan bagi para perantau pada saat menjelang hari raya idul fitri. Seolah istilah mudik sudah mendarah daging di kalangan perantau. Meski memakan waktu yang cukup lama dan melelahkan namun, hal tersebut tidak menjadi halangan bagi para perantau untuk bertemu dengan keluarga besar pada hari raya nanti. Oleh karena itu, kita harus melakukan persiapan mudik sebaik-baiknya agar mudik berjalan dengan lancar dan nyaman. Berikut ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mudik.

 

-Menentukan waktu berangkat dan pulang

Hal ini akan memudahkan kita dalam membagi waktu baik di perjalanan maupun di kampung halaman.  Barangkali kita memang ingin menghabiskan waktu lebih lama di kampung namun, kita juga harus memperhatikan berapa lama perjalanan kita dan berapa lama libur kita. Mengapa demikian, karena lama perjalanan tidak bisa diprediksikan terutama menjelang hari H lalu lintas cenderung macet bahkan  bisa memakan waktu 1-3 hari. Sebaiknya jika sudah tiba waktu libur segera berangkat untuk menghindari kemacetan dan agar kita bisa berkumpul lebih lama bersama keluarga. Selain itu, berangkat pada jauh-jauh hari sebelum lebaran kemungkinan harga tiket kendaraan umum belum naik. Dan bila membawa kendaraan pribadi, kemungkinan lalu lintas juga belum padat. Penentuan waktu ini akan sangat membantu kita dalam menikmati moment suci idul fitri.

-Membuat daftar barang bawaan

Setelah menentukan waktu, langkah selanjutnya adalah mendaftar barang bawaan hal ini untuk membantu kita agar tidak terburu-buru dan tidak lupa. Kelompokkan menjadi beberapa bagian antara barang penting dan barang tidak penting. Bawa seperlunya saja dan jangan berlebihan. Pastikan ingat dengan barang-barang yang akan dibawa termasuk pakaian, perlengkapan pribadi, bekal makanan dan minuman, obat-obatan maupun oleh-oleh. Beberapa hari sebelum berangkat kita pun sudah harus mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Sehingga, pada waktu akan berangkat kita tidak perlu menyiapkannya lagi.

 




 

-Jika membawa kendaraan pribadi, cek kondisi, perlengkapan dan sparepart cadangan kendaraan

Saat membawa kendaraan pribadi, banyak hal yang harus kita perhatikan untuk melakukan perjalanan jauh. Kita tidak tahu kemungkinan yang akan terjadi di jalan. Oleh karena itu kita harus mengatasinya sejak awal. Termasuk mengecek kondisi kendaraan kita, dan sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk dicek kondisinya sehingga kita bisa menempuh perjalanan dengan performa prima. Setelah itu, siapkan perlengkapan alat kendaraan untuk meminimalisasi kemungkinan yang akan terjadi di jalan. Begitu juga siapkan sparepart cadangan untuk mngantisipasi bila terjadi sesuatu di jalan.

-Makan dan istirahat yang cukup sebelum berangkat

Dalam perjalanan jauh tentu kita akan kesusahan dalam makan maupun beristirahat. Itulah mengapa kita harus memperhatikan menu makan dan waktu tidur. Usahakan untuk makan makanan yang mengandung gizi tinggi untuk menjaga tubuh selama dalam perjalanan. Usahakan istirahat yang cukup minimal 8 jam sebelum berangkat. Hindari begadang sebelum berangkat.

 



 

-Jika menggunakan kendaraan umum jaga barang-barang pribadi. Dan untuk tas atau barang bawaan lain sebaiknya diberi tanda agar tidak hilang atau tertukar dengan milik orang lain. Dan jika menggunakan kendaraan pribadi, atur posisi barang bawaan efektif mungkin agar tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

-Jika kita membawa anak

Pastikan untuk berhenti sesering mungkin agar anak tidak bosan bisa beristirahat, mengencangkan ototnya, keperluan buang air maupun menghirup udara segar.

-Siapkan mainan anak dan makanan ringan

Siapkan mainan anak untuk menghiburnya selama dalam perjalanan agar tidak bosan. Dan makanan ringan untuk mengganjal perutnya ketika lapar, jika anak tidak berpuasa. Jika anak berpuasa, bujuk dia agar tidur dan tidak banyak melakukan gerakan yang akan menguras energi dan membuat dehidrasi.

-Jangan mengemudi terus menerus, usahakan untuk istirahat setiap 3 jam sekali

Hal ini untuk tetap menjaga kefokusan saat mengemudi. Meregangkan otot-otot yang kaku dan menyegarkan fikiran setelah menghadapi kondisi jalan. Bila ada pengemudi pengganti, mungkin kita bisa bergantian namun, jika tidak ada sebaiknya jangan memaksakan diri, istirahat terlebih dahulu lebih baik. Terutama bagi pengendara sepeda motor, sebaiknya istirahat setiap 2 jam sekali.

 

Itulah beberapa tips mudik nyaman dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

 

Selamat jalan. Semoga perjalanan menyenangkan. Selamat sampai tujuan…

 






 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat