Home / Indonesia / Top Selfie Pinus Kragilan Magelang-Berburu Foto Selfi Nan Cantik Dengan Spot Yang Epik

Top Selfie Pinus Kragilan Magelang-Berburu Foto Selfi Nan Cantik Dengan Spot Yang Epik

Baru-baru ini sedang viral spot foto berupa hutan pinus. Di Indonesia ada banyak hutan pinus yang mulai dibuka sebagai objek wisata seperti Hutan Pinus Mangunan Jogja, Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor, Hutan Pinus Kintamani Bali, Hutan Pinus Malino Sulawesi Selatan, Hutan Pinus Kragilan Magelang dan hutan pinus lainnya yang tak kalah menarik. Di tengah kesejukan suasana hutan pinus kita bisa mendapatkan hasil foto yang indah tanpa harus bersusah payah mencari spot yang cocok. Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dapat kita jumpai Hutan Pinus Kragilan yang menjadi buronan para wisatawan.

Foto: rinimsrtmptwisata.blogspot.com

Foto: rinimsrtmptwisata.blogspot.com

TSPK atau Top Selfie Pinus Kragilan, begitulah warga setempat memberi nama pada objek wisata yang satu ini. Berada di sebelah Timur bagian Kabupaten Magelang atau sekitar 25 km dari pusat Kota Megelang sekitar 1 jam perjalanan.  Dengan tujuan menarik minat wisatawan untuk berwisata ke hutan pinus tersebut. Objek wisata yang tepat berada di kaki Gunung Merbabu ini dikelola sendiri oleh masyarakat setempat. Mereka saling membagi tugas dari menjaga loket, kendaraan parkir sampai pemandu di objek wisata. Hasil retribusi penarikan tiket nantinya akan di masukkan dana desa dan juga dibagi untuk masyarakat yang terlibat tugas di kawasan objek wisata hutan pinus ini.

Foto: juls-story.blogspot.com

Foto: juls-story.blogspot.com

Tidak hanya wisatawan saja yang mengabadikan foto di Hutan Pinus Kragilan, tak sedikit para pasangan pengantin juga tak mau kalah mereka mengabadikan foto di hutan pinus ini sebagai foto Prewedding-nya. Meski jalan menuju objek wisata sedikit sulit, menanjak dan banyak tikungan tajam namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para wisatawan untuk sampai di Hutan Pinus Kragilan.

imgrum.net (@reza_aditya24)

imgrum.net (@reza_aditya24)

 

Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan pun sudah sangat memadai, fasilitas kecil sampai fasilitas bermain flying fox siap untuk memanjakan kenyamanan wisatawan. Warung makan yang menjual berbagai makan juga banyak kita temui di kawasan hutan pinus ini sehingga, kita tidak perlu takut kelaparan. Jika kita ingin menginap, sayangnya di kawasan hutan pinus belum ada penginapan dan tidak boleh berkemah. Jadi, untuk urusan menginap kita bisa menumpang di rumah warga setempat maupun mencari hotel penginapan ke Kota Magelang.

Foto: ardiankusuma.com

Foto: ardiankusuma.com

 

Tips Saat Berwisata Objek Wisata Hutan Pinus Kragilan:

-Pastikan kendaraan kita dalam kondisi baik dan bahan bakar mencukupi.

-Selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Patuhi peraturan yang berlaku salah satunya dilarang berkemah di kawasan hutan pinus.

-Simpan tiket parkir karena untuk mengambil kendaraan harus mencocokkan nomor kendaraan.

 

HTM (sudah termasuk biaya parkir):

Mobil: Rp10.000,-

Motor: Rp3.000,-

Flying Fox: Rp10.000,-

Lokasi: Top Selfie Pinus Kragilan (TSPK)

Jl. Ketep-Kopeng, Dusun Kragilan, DesaPogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah 56193, Indonesia

Jam Buka: 06.00-18.00 WIB

Fasilitas: area parkir, toilet, tempat sampah, warung makan, flying fox, tempat duduk, ayunan dan rumah panggung.