Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Waduk Sermo-Keindahan Waduk Buatan Di Tengah Perbukitan

Waduk Sermo-Keindahan Waduk Buatan Di Tengah Perbukitan

Waduk Sermo-Keindahan Waduk Buatan Di Tengah Perbukitan

Waduk Sermo adalah salah satu waduk buatan yang berada di Kulonprogo, Yogyakarta. Waduk Sermo mulai dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan pada tahun 1996. Waduk Sermo dibuat dengan membendung Kali Ngrancah. Pembangunan waduk ini bertujuan sebagai sumber irigasi dan PDAM. Selain itu Waduk Sermo juga dijadikan sebagai objek wisata yang menyita perhatian wisatawan.

Waduk Sermo berada di tempat yang strategis yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri. Bentang genangan waduk yang luas semakin menambah keindahan pemandangan Waduk Sermo. Anda pun juga bisa berkeliling waduk dengan menaiki perahu kayu. Kemudian Anda juga bisa memancing ikan.

Bukan hanya pesonanya yang indah, banyaknya spot foto yang menarik juga semakin menambah daya tarik wisatawan dari berbagai tempat. Lokasinya yang berdekatan dengan wisata-wisata lain juga memungkinkan para wisatawan bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata dalam satu waktu bersamaan.

Area Waduk Sermo yang luas juga bisa dijadikan sebagai tempat camping. Bermalam di pinggir waduk dengan gemerlap lampu kota yang menyala indah bisa menjadikan sensasi udara malam dari tengah waduk. Kemudian di pagi hari, Anda pun akan disambut oleh hangatnya matahari yang terbit menuju siang. Dan sore hari, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset dengan rona jingga yang mempesona.

Sebagai tempat wisata yang ramai, disekitar kawasan Waduk Sermo terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti toilet umum, penginapan hingga arena outbound.

Untuk sampai di Waduk Sermo, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Di sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan oleh keindahan alam yang mempesona dengan bentang bukit hijau. Selain itu juga terdapat area persawahan yang luas membentang dengan tanaman padinya. Tak terasa pun Anda akan tiba di Waduk Sermo.

 

Lokasi: Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia

 

 

Rute: Kota Jogja >>Jalan raya Wates >>Pusat Kota Wates (Alun-alun Wates Kulon Progo) >>Jalan Wates arah Kokap>>Waduk Sermo.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*