Home / Jawa Timur / Wisata Pantai Cantik Yang Ada Di Jawa Timur

Wisata Pantai Cantik Yang Ada Di Jawa Timur

Daerah Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang bila dibandingkan dengan daerah Jawa lainnya. Untuk itu kawasan wisata pantai cantik yang ada di daerah Jawa Timur ini cukup banyak dan memiliki ciri khas masing-masing

1. Pantai Popoh Tulung Agung

Pantai Popoh ini pertama kali ditemukan oleh seorang tumenggung (Camat) di tahun 1373 yang bernama eyang Tumenggung Yudonegoro yang berasal dari Mataram. Dahulu di Pantai ini banyak sekali hidup ikan yang oleh penduduk dinamakan ikan sisirpoh, ikan ini merupakan ikan sebangsa lintah. Untuk itu pantai ini dinamakan Pantai Popoh yang diambil dari nama belakang ikan tersebut.

Pada tanggal 1 September 1972 Pantai Popoh ini mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh seorang pengusaha dari Tulungagung yang bernama Soemiran Karsodiwirdjo. Pantai ini oleh Bapak Soemiran Karsodiwirdjo melalui PT. Soetera Bina Samodra dikontrak dari Pemerintah Daerah setempat untuk dijadikan tempat wisata. Sejak itu pantai ini mulai dipugar dan dikembangkan sedemikian rupa agar menjadi sebuah tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi, kawasan ini dilakukan pengembangan dengan membeli lahan yang berada di sekitar pantai dan kemudian mendirikan bangunan-bangunan sebagai penunjang fasilitas wisata.


 

Pantai Popoh merupakan kawasan wisata pantai yang memiliki ombak yang cukup besar, namun memiliki keindahan alam yang cantik dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Pantai ini terbagi menjadi dua kawasan yaitu bagian timur dan bagian barat. Pada bagian timur memiliki wilayah yang cukup terjal dan berbatu-batu dengan deburan ombak yang cukup besar, sehingga kita tidak dapat berjalan di pesisir pantainya. Namun oleh pengelola kawasan ini telah dipasangi garis pengaman bagi pengunjung yang ingin menikmati susasana alam di tempat ini. Sedangkan pada bagian barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Di sini kita akan melihat banyak perahu-perahu wisata dan perahu nelayan yang ingin melaut.

Kedua kawasan ini dibatasi oleh hutan mangrove dengan kondisi jalan yang berundak dan cukup panjang. Hutan ini biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk beristirahat diantara pohon-pohon yang tinggi dan rindang. Pantai Popoh ini memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai, disini kita dapat melihat Kebun Binatag Mini yang di dalamnya kita dapat melihat berbagai binatang yang unik, salah satunya kambing ber kaki tiga. Disini terdapat juga sebuah taman yang diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin bermain seperti ayunan, seluncuran dan putar-putaran. Di sini juga terdapat sebuah kolam renang yang dikhususkan oleh pengelola agar para pengunjung tidak berenang ke Pantai yang memiliki ombak yang cukup tinggi.

 

Pantai Popoh

2. Pantai Prigi, Trenggalek

Berbicara mengenai wisata, Jawa Timur mempunyai destinasi wisata yang kian hari kian diminati oleh wisatawan. Salah satunya adalah wisata pantai yang berada di pesisir selatan Jawa. Pantai Prigi, pantai berpasir putih yang berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari Trenggalek sekitar 48 km.

Pantai Prigi mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan laut lepas yang tampak biru dengan perbukitan hijau yang semakin melengkapi. Bebatuan karang juga bentangan pasir pantai seluas 4 km. Deburan ombak dan sejuknya udara pantai. Semua itu akan memanjakan kita begitu kita ,enginjakkan kaki di pantai cantik ini.

Kita bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Kita juga bisa menikmati pesona dan panorama Pantai Prigi sambil bersantai dibawah payung teduh dan menikmati kuliner yang bisa kita pesan di warung-warung yang ada di sekitaran pantai. Tampak terlihat lalu lalang nelayan mencari ikan maupun lalu lalang wisatawan yang mengelilingi Pantai Prigi.

Selain dijadikan sebagai obyek wisata, Pantai Prigi juga dijadikan sebagai pelabuhan nasional terbesar di pesisir selatan Jawa, pelabuhan penangkapan ikan. Sehingga, kita bisa menikmati berbagai kuliner dalam keadaan masih segar. Hasil laut yang baru ditangkap oleh nelayan kemudian akan dipindah tangan kepada pedagang kuliner. Berbagai olahan laut tersedia di Pantai Prigi, salah satu yang paling khas adalah ikan asap.

Pantai Prigi mempunyai sistem penjagaan yang baik. Meski dipenuhi banyak wisatawan namun, lingkungannya tetap bersih dan bebas dari sampah. Air lautnya pun juga demikian, sangat jernih sehingga, kita bisa melihat pancaran keindahan dari dalam laut.

Pantai Prigi masih sangat menjunjung adat istiadat. Pada bulan Selo, kalender Jawa, para nelayan di Pantai Prigi akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Pantai Prigi

3. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Pacitan berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Kota yang diberi julukan Seribu Goa ini tidak hanya mempunyai destinasi wisata goa saja, ada wisata alam yang mempesona seperti pegunungan, lembah, air terjun, sungai dan pantai-pantai yang cantik. Namun, destinasi wisata yang ini lain dari yang lain, Pantai Banyu Tibo. Fenomena bertemunya air tawar dengan air laut karena adanya air terjun yang bermuara langsung ke laut.

Foto: danisetiawanku.com

Dengan adanya fenomena tersebut, pantai yang tidak begitu luas ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Di sisi lain kita bisa melihat keindahan air terjun yang tidak begitu tinggi. Air terjun ini mengalir dari sungai yang berada di atas tebing dan bermuara langsung ke laut. Aliran tersebut mengalir sepanjang masa, tidak pernah kering meski musim kemarau. Dan di sisi lain kita juga bisa melihat keindahan hamparan laut dengan pantai cantik di pinggirnya. Kita bisa menikmati keindahan 2 objek wisata sekaligus dalam satu tempat.

Udara yang sejuk juga pemandangan alam yang hijau nan asri akan semakin memikat setiap wisatawan yang datang. Keindahan air terjun di antara tebing karang dan perbukitan juga laut biru yang membentang. Kita bisa turun ke pantai dan bermain di pasir putihnya yang lembut dengan menuruni tangga dari atas air terjun. Kemudian kita bisa bermain air di pantai sepuasnya. Setelah selesai kita pun juga bisa membilas badan di air terjun tersebut.

 

Pantai Banyu Tibo

 

4. Pantai 3 Warna, Malang

pantai-3-warna-malang-by-innokribow

Pantai 3 Warna, Malang merupakan satu-satunya pantai yang benar-benar bebas sampah. Pantai ini sangat bersih lantaran ketatnya penjagaan pihak pengelola. Setiap wisatawan yang hendak memasuki kawasan pantai akan diperiksa dan didata, barang bawaannya terutama yang menimbulkan sampah. Kembali dari pantai barang bawaan kita akan diperiksa kembali, termasuk sampah sisa makanan. Jika ada sampai ada sampah yang tertinggal kita akan dikenakan denda sebesar Rp100.000,- per sampah. Selain itu, wisatawan yang masuk ke dalam kawasan juga dibatasi dan harus didampingi oleh pemandu wisata.

Nama 3 Warna diambil dari gambaran air lautnya yang mempunyai 3 macam warna berdasarkan kedalaman masing-masing. Ada warna biru dengan kedalaman yang paling dalam, warna hijau dengan kedalaman sedang dan warna bening menandakan tidak dalam. Pantai yang juga dikelilingi batu karang ini merupakan pantai yang masih terjaga kebersihannya. Wisatawan yang masuk pun dibatasi jumlahnya. Selain mempunyai panorama indah di pantainya, objek wisata ini juga mempunyai terumbu karang yang tak kalah indahnya. Dan yang paling menarik disini, kita tidak perlu menyelam jauh ke tengah laut untuk melihat terumbu karang.

pantai-3-warna-malang-by-rulayyy

Panorama yang indah, suasana sejuk serta kawasannya yang bebas sampah akan membuat siapa saja enggan meninggalkan pantai ini. Namun, waktu untuk menikmati surga keindahan yang tersembunyi di Malang bagian Selatan ini kita hanya diberi sekitar 2 jam untuk kemudian bergantian dengan wisatawan yang lain. Meski hanya 2 jam di pantai namun, namun perjalanannya memakan waktu yang cukup lama sekitar 1-3 jam tergantung rute yang dilalui.

Jika barang bawaan tertinggal akan dikenakan denda sebesar Rp100.000,- per barang.

Foto: liputan6.com

Foto: forum.liputan6.com

Pantai 3 Warna

5. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu dari objek wisata pantai berpasir putih yang ada di Jawa Timur. Sekitar 170 km dari pusat Kota Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan. Dari Situbondo sendiri, sekitar 60 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Tempatnya sangat strategis karena berada di pinggir Jalan Raya Pasir Putih. Selain itu, pantai ini juga berada di jalur utama Surabaya menuju Banyuwangi.

Foto: travel.detik.com

Foto: travel.detik.com

Pantai yang mempunyai lengkungan menghadap ke laut lepas ini menawarkan pesona yang menakjubkan. Hamparan pasir putih di pantai yang berkontur landai sangat nyaman untuk bermain disini. Ombak yang tenang dan sejuknya suasana pantai akan membuat kita betah berlama-lama disini. Dibelakang laut lepas terdapat hutan hijau yang semakin menambah keindahan panorama alamnya. Ombaknya yang kecil menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kita bisa bebas bermain maupun berenang tanpa harus takut terseret ombak.

Foto: infowisatamalang.com

Foto: infowisatamalang.com

Menikmati lembutnya pasir putih dengan semilir angin pantai yang menyejukkan, panorama laut yang membentang luas dengan ramainya aktifitas nelayan setempat akan membuat setiap wisatawan terpukau. Tidak hanya yang di daratan saja namun, di kedalaman lautnya juga mempunyai panorama yang luar biasa indahnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyukai hal tersebut. Wisatawan lokal maupun wisatawan asing selalu ramai memenuhi kawasan pantai ini. Terlebih lagi pada hari libur.

Foto: matajatim.com

Foto: matajatim.com

Adapun aktifitas yang dapat kita lakukan disini sangat banyak seperti berenang, berkeliling naik kapal, menyelam, memancing dan cross ATV. Dikawasan pantai ini juga banyak tempat beristirahat diantara warung-warung yang berjajar di bibir pantai. Pada waktu tertentu kawasan pantai ini sering dijadikan tempat penyelenggaraan lomba maupun upacara adat.

Pantai Pasir Putih Situdondo

6. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan merupakan tempat wisata yang cukup banyak digemari oleh para wisatawan, letaknya berada di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.



Pada awalnya tempat ini merupakan tempat wisata Pantai Tanjung Kodok. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan PT. Bunga Wangsa Sejati mengembangkan tempat ini menjadi sebuah tempat wisata yang lengkap dengan wahana yang beraneka ragam. Dari kerja sama ini dibentuk sebuah perusahaan yang berfungsi untuk mengelola tempat wisata ini yaitu PT. Bumi Lamongan Sejati. Tempat wisata ini mulai dibuka pada tanggal 14 November 2004.

Untuk masuk ke Wisata Bahari Lamongan kita membeli tiket masuk seharga Rp. 70.000,- per orang serta berlaku untuk semua wahana yang ada di Wisata Bahari Lamongan ini, bila hari minggu atau hari libur harga tiket terusan tersebut dinaikkan menjadi Rp. 100.000,- per orang. Tempat ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 08.00 Wib sampai dengan 17.00 Wib.

Memasuki Wisata Bahari Lamongan kita akan melewati pintu gerbang yang cukup besar dengan digerbangnya terdapat patung rajungan merah yang megah dan tergantung di atas gerbangnya. Setelah membeli tiket masuk, di dekat gerbang tersebut kita akan melihat berbagai fasilitas berupa Pasar Souvenir, Pasar Sayur, Pasar Buah, mesjid dan beberapa pertokoan yang menjual makanan dan minuman.

Wisata Bahari Lamongan memang sangat cocok untuk tempat wisata untuk keluarga, didalamnya tersedia sarana rekreasi, hiburan, pendidikan, pengetahuan bahari dan keterampilan dengan berbagai sarana.
Tempat wisata yang pertama kita temui bila memasuki wisata ini yaitu Rumah Kucing, di dalam rumah ini kita akan melihat berbagai jenis kucing yang lucu-lucu. Kucing ini berasal dari berbagai belahan dunia.


Selanjutnya kita dapat mengunjungi Bioskop 3D, disini kita diharuskan memakai kacamata tiga dimensi. Film yang terdapat di sini adalah film animasi dengan cerita yang singkat namun cukup seru, selain itu kursi yang kita duduki ikut bergerak sesduai dengan cerita filmnya dan terkadang kursinya menyemprotkan air. Seru dan menegangkan !!

Fasilitas lain yang berada di wahana ini yaitu Rumah Kaca, Roaller Coaster, Bom bom Car, Taman Air dan masih banyak lainnya. Fasilitas yang sangat banyak dikunjungi oleh pengunjung yaitu Rumah Sakit Hantu, disini kita akan dikejutkan oleh beberapa aksi hantu yang tiba-tiba dan terkadang membuat kita sangat terkejut, namun hantu-hantu yang ada di sini adalah hanya berupa patung yang bergerak-gerak.

Untuk anak-anak disediakan fasilitas kolam air yang berada di tepi pantai dan bagi remaja yang menyukai olahraga air disediakan juga kano dan Speed boat yang dapat kita gunakan disekitar tepi pantai.


Selain Wahana Bahari Lamongan kita juga dapat mengunjung Gua Maharani yang terdapat tepat di depan Wahana ini. Di gua tersebut kita dapat berpetualang seru dan berinteraksi dengan aneka satwa yang ada.

Wisata Bahari Lamongan

 

7. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang memiliki pura kecil di atasnya. Pantai ini sekilas terlihat mirip dengan Tanah Lot Bali. Terdapat jembatan di atas laut untuk menuju ke pura.

Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Kira-kira sekitar 57 km dari pusat kota.

Pesona pemandangannya yang indah sering diburu para wisatawan. Terutama keindahan saat sunrise dan sunset merupakan momen yang paling dicari oleh pecinta fotografi.

bale-kambang-10

Perlahan fasilitas yang disediakan sudah mulai terlihat lengkap. Untuk menikmati pesona pantainya kita akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000,- per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk pesona yang menakjubkan mata.

pantaibalaikambang

Akses menuju Pantai Balekambang terbilang masih agak susah sehingga, kita harus hati-hati bila hendak berkunjung. Pantai Balekambang akan mulai ramai pada saat musim liburan dan pada upacara adat setempat.

 

326054_pantai-balekambang-kecamatan-bantur-malang_663_382

Pantai Balekambang

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.